Notification

×

Iklan

Iklan

Tips untuk Mendukung Kegiatan Belajar Sendiri di Rumah

Rabu, 22 September 2021 | Rabu, September 22, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-22T10:22:31Z



Karya Inka Dwiyanti 

Mahasiswa S1 Pendidikan B.Indonesia FKIP Uhamka

Belajar adalah kegiatan yang dikatakan menyenangkan jika kita dapat menemukan cara belajar yang nyaman dan menyenangkan untuk diri kita sendiri. Saat kita belajar di sebuah lembaga pendidikan, biasanya kita memiliki cara yang sama dalam belajar antara satu dengan yang lainnya. Meskipun demikian, setiap individu pasti memiliki cara-cara mereka sendiri dalam mendukung kegiatan belajar mereka saat dirumah. Maka dari itu, agar kegiatan belajar sendiri terasa nyaman dan menyenangkan, kita perlu beberapa cara atau tahapan yang mungkin dapat mendukung kegiatan belajar kita. Baik dalam hal ruangan belajar, maupun hal lain yang dapat kita lakukan saat melakukan pembelajaran mandiri. Jika kita dapat menemukan cara yang mendukung saat kita melakukan pembelajaran sendiri dan mandiri dirumah, dapat memungkinkan juga untuk kita meningkatkan keberhasilan belajar di lembaga pendidikan. Untuk itu, beberapa tips disini mungkin diperlukan saat kita akan belajar sendiri dirumah.

Hal pertama yang dapat kita lakukan guna mendukung kegiatan belajar adalah dengan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Dalam membuat lingkungan belajar yang nyaman, setiap orang memiliki pengertian nyaman mereka tersendiri. Seperti misalnya, beberapa orang nyaman untuk belajar di dalam ruangan yang sunyi, tetapi ada juga yang lebih memilih belajar dengan kondisi ruangan yang ramai. Beberapa orang mungkin suka belajar sendiri, ada juga yang suka belajar bersama teman atau ditemani orang lain. Oleh karena itu, jika kita ingin menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman, kenali diri sendiri terlebih dahulu agar lebih mengerti apa yang kita inginkan. Jika kegiatan belajar terasa lebih nyaman dan menyenangkan sendiri, kita bisa melakukan pembelajaran di ruang kamar dan jika kita suka bersama teman, kita bisa mengajak teman untuk melakukan kegiatan belajar bersama. Hal lain yang mungkin dapat membuat lingkungan belajar nyaman adalah tempat belajar yang tertata rapi. Seperti meja belajar yang tidak penuh dengan beberapa barang yang mungkin dapat mengalihkan perhatian kita atau yang lainnya. Sebaiknya, kita menyingkirkan benda atau hal yang tidak perlu ada di meja belajar agar kita dapat fokus saat belajar.

Tips kedua yang bisa kita lakukan untuk mendukung belajar kita adalah dengan membeli buku untuk dijadikan media pembelajaran. Kita dapat membeli buku sesuai dengan mata pelajaran yang ingin kita pelajari jika memang diperlukan. Semisal di lembaga pendidikan kita mempelajari sebuah mata pelajaran, dan kita mungkin kurang paham mengenai pelajaran yang sudah dijelaskan. Kita dapat mencari jawaban yang ingin kita ketahui dengan buku tersebut. Tidak hanya untuk mengatasi kurang pahamnya suatu materi pembelajaran, dengan memiliki buku untuk mendukung belajar, kita juga dapat memperdalam materi bahasan yang kita pelajari di sekolah. Kita dapat mengetahui lebih banyak hal yang mungkin kurang dijelaskan oleh guru dengan menggunakan buku referensi yang kita miliki. Dengan demikian, kita dapat meningkatkan pengetahuan kita mengenai suatu pelajaran.

Tips selanjutnya untuk mendukung kegiatan belajar adalah dengan membuat catatan yang rapi. Kita dapat membuat catatan sesuai dengan cara yang kita inginkan. Kita bisa mencatat dalam bentuk dokumen di laptop, atau mencatat manual menggunakan buku catatan. Dalam membuat catatan, usahakan kita harus mencatatnya serapi mungkin. Hal ini agar kita dapat membaca catatan kita dengan mudah dan tidak kebingungan untuk mengerti apa yang kita catat. Selain itu, mencatat yang rapi juga membuat kita lebih nyaman dalam membaca. Dengan catatan yang rapi, membaca akan terasa menyenangkan. Kita juga dapat menghias catatan yang kita buat tersebut. Seperti dengan memberikan highlighter ke setiap judul, topik, maupun sub topik yang dibahas dalam catatan kita agar terlihat lebih mudah saat kita ingin mencari bahasan yang ingin kita pelajari kembali. Usahakan juga memberi highlighter untuk bahasan yang sekiranya sangat penting untuk diketahui dan mungkin akan sangat berguna di pembelajaran, sehingga kita dapat dengan mudah menemukan catatan penting tersebut saat kita ingin mengulang kembali tanpa perlu membaca secara keseluruhan.

Tips terakhir yang mungkin dapat mendukung kegiatan belajar adalah dengan membaca kembali catatan yang sudah kita buat minimal seminggu sekali. Agar materi yang kita pelajari dapat melekat dengan baik, kita dapat membaca catatan yang telah kita buat tersebut. Terlebih kita sudah membuat catatan serapi mungkin. Itu akan sangat membantu kita untuk lebih mudah memilah hal penting yang sangat perlu kita pelajari. Dengan membaca secara berulang seminggu sekali dalam kegiatan belajar, materi yang kita pelajari akan dengan mudah melekat pada kita dan perlahan akan tertanam di luar kepala kita sendiri. Oleh karena itu, daripada menghafal sekaligus materi belajar yang kita buat dalam catatan, lebih baik kita membaca secara berulang minimal sekali dalam seminggu atau lebih jika kita memiliki waktu senggang untuk membaca. Dengan beberapa tips tersebut, kegiatan belajar kita akan lebih terasa mudah dan nyaman untuk diri kita sendiri.



×
Berita Terbaru Update