Notification

×

Iklan

Iklan

Pengaruh Perkembangan Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari

Rabu, 22 September 2021 | Rabu, September 22, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-22T10:24:06Z



Karya Inka Dwiyanti 

Mahasiswa S1 Pendidikan B.Indonesia FKIP Uhamka

Semakin majunya perkembangan teknologi di Indonesia, semakin banyak perubahan yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Setiap perubahan yang terjadi menimbulkan efek yang berbeda-beda sesuai dengan bagaimana tiap-tiap orang menyikapi perkembangan teknologi tersebut. Meskipun demikian, perubahan yang terjadi dapat dipastikan menyebabkan pengaruh yang baik maupun buruk. Hal ini dapat kita ketahui dengan hanya melihat orang-orang di sekeliling kita sehari-hari. Bagaimana mereka melakukan berbagai macam hal dan bagaimana kebiasaan mereka dikesehariannya. Dengan adanya perkembangan teknologi ini, perlahan-lahan kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang tidak terkecuali diri kita sendiri akan mulai berubah. Perubahan ini secara tidak sengaja dapat menuntun kita dalam memiliki atau membuat suatu kebiasaan baru. Kebiasaan baru ini lah yang kita dapat artikan sebagai suatu pengaruh baik dan buruk yang terjadi.

Di era perkembangan teknologi yang sudah semakin maju, hal ini benar-benar membantu kita dalam mempermudah setiap kegiatan yang kita lakukan. Terutama dalam masa pandemi seperti yang sedang kita rasakan sekarang ini. Kita tidak bisa keluar rumah untuk keperluan yang tidak terlalu mendesak. Oleh karena itu, berkat adanya kemajuan teknologi kini segala kegiatan bisa kita lakukan di rumah melalui internet. Seperti belanja keperluan sehari-hari, berkomunikasi dengan orang lain via chat atau meeting video, bekerja dari rumah, belajar daring dari rumah, serta hal-hal lainnya yang tidak bisa dilakukan di luar rumah untuk saat ini. Ini sangat membantu kita untuk tetap dapat beraktivitas sesuai dengan rutinitas sehari-hari hanya saja melalui cara yang berbeda. Selain itu, dengan mengakses internet kita juga dapat mencari informasi sebanyak yang kita inginkan dan kita butuhkan. Hal ini tentu sangat mempermudah kita untuk mendapat suatu informasi yang kita perlukan.

Pengaruh baik yang lain yang dapat kita rasakan adalah kita dapat lebih mudah untuk bepergian melalui transportasi umum yang ada. Berkembangnya teknologi, membuat orang-orang semakin berinovasi dalam menciptakan suatu kemudahan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Contohnya pembuatan layanan transportasi online. Banyak orang yang dapat terbantu dengan adanya layanan transportasi online. Layanan yang tersedia juga dapat dipilih sesuai dengan keinginan kita. Apakah kita ingin berkendara menggunakan motor, mobil, ataupun taxi. Layanan transportasi online dapat membantu beberapa orang yang memang tidak nyaman menggunakan alat transportasi yang ramai seperti bus, mikrolet, kereta, atau yang lainnya. Meskipun transportasi seperti bus transjakarta sudah dipastikan keamanan dan kenyamanannya, tetap untuk beberapa orang menggunakan alat transportasi online yang tidak ramai penumpang lebih nyaman dibandingkan dengan berkerumun. Fitur yang tersedia pada transportasi online seperti pembelian dan pengantaran makanan secara online juga dapat lebih praktis dan tidak perlu merepotkan diri untuk keluar rumah.

Meskipun perkembangan teknologi menghasilkan banyak hal baik di dalam keseharian, tidak dapat kita pungkiri juga bahwa kemajuan teknologi dapat menimbulkan pengaruh yang buruk bagi seseorang. Banyak orang yang tidak dapat memahami untuk menggunakan teknologi dengan seperlunya. Cenderung kebanyakan dari mereka menggunakan teknologi secara berlebihan. Penggunaan teknologi yang berlebihanlah yang merupakan salah satu pengaruh buruk dari perkembangan teknologi ini. Terutama untuk anak yang masih terlalu di bawah umur. Banyak orang tua yang sudah membiarkan anak menggunakan ponsel secara berlebihan tanpa ada batas waktu jam. Terlebih lagi untuk saat ini, karena diperlukannya ponsel untuk kegiatan pembelajaran. Hampir setiap anak sekarang ini memiliki ponsel pribadi mereka sendiri. Anak yang tidak diawasi dalam menggunakan ponsel dapat seringkali lupa waktu saat mengoperasikannya. Perkembangan ponsel juga cukup pesat dari zaman ke zaman. Fitur yang diberikan juga semakin canggih yang menjadi salah satu alasan anak gemar menggunakannya.

Hal lain yang dapat berpengaruh buruk adalah banyaknya efek negatif yang didapat dalam penggunaan internet. Banyaknya informasi yang tersedia di internet, memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi-informasi yang menyimpang. Informasi yang menyimpang ini seringkali dianggap sebagai suatu hal yang benar dan harus disebarkan ke orang lain. Terlebih bagi beberapa orang yang ceroboh dan tidak memastikan kebenaran dari suatu informasi tersebut. Mereka biasanya tidak peduli dengan hal yang mungkin terjadi dan efek yang timbul pada orang lain dengan menyebarkan informasi yang menyimpang. Selain penyebaran informasi yang menyimpang, hal negatif juga dapat bersusmber dari konten-konten yang terkandung di berbagai aplikasi sosial media. Seringkali sosial media memberi dampak buruk terhadap kebiasaan seseorang. Yang ditonton, itulah yang biasanya ditiru. Hal ini sangat besar kemungkinan dilakukan oleh anak yang belum mengerti dan belum dapat menyaring sesuatu yang mereka lihat. Oleh karena itu orang tua sangat diperlukan dalam pemantauan penggunaan internet terhadap anak guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


×
Berita Terbaru Update