Notification

×

Iklan

Iklan

Pandangan Masyarakat terhadap Pemerintah

Rabu, 08 September 2021 | Rabu, September 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-08T10:47:45Z



Karya Dwi Ari Setia Wati

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Indonesia merupakan Negara kesatuan yang menganut sistem pemerintahan demokrasi dan republik. Negara Indonesia terdiri dari beberapa unsur, salah satunya ialah pemerintahan dan warga Negara. Adapun pemerintahan Negara adalah suatu organisasi dalam sebuah Negara yang memiliki kekuasaan dan kewenangan untuk membuat dan menerapkan kebijakan atau hukum di wilayah-wilayahnya. Sedangkan warga Negara ialah sekelompok masyarakat yang bertempat tinggal di Negara tertentu dan telah memenuhi syarat syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah Negara yang akan ditempati. Pemerintah dan warga Negara sama-sama memiliki hak yang harus diterima dan kewajiban yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Indonesia merupakan sebuah Negara yang memiliki sistem pemerintahan presidensil. Sistem pemerintahan mempunyai tujuan untuk menjaga suatu kestabilan Negara itu. Banyak sistem yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, baik yang terbaru maupun yang sudah ada sejak lama. Pemerintahan di Indonesia saat ini sudah semakin baik dan maju dengan di dukung kemajuan teknologi. Namun, ada hal-hal tertentu yang mengalami kemajuan dan kemunduran. Masih ada sistem pemerintahan di Indonesia yang kurang cocok dengan budaya Negara ini, karena hal tersebut masih banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan. Kurangnya kesadaran dan kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah mungkin jadi salah satu penyebab terjadinya hal itu.

Pemerintahan di negara ini sudah cukup maju, namun permasalahan yang terjadi saat ini hanyalah kurangnya kesadaran dan kerja sama yang baik. Seperti halnya hilangnya sandal di masjid kini mulai disangkut pautkan dengan hukum yang tinggi. Atau bahkan sampah yang kini merajalela tidak pada tempatnya mulai sangat mudah ditemui, terlebih lagi contoh sampahnya seperti kantung plastik dan botol plastik, dimana bahannya bukan terbuat dari bahan yang mudah terurai karena membutuhkan setidaknya 100 tahun lebih untuk mulai terurai. Tentu saja itu semua dapat merugikan masyarakat lain, tetapi kita juga tidak boleh langsung menentukan mana yang baik dan tidak secepat itu. Sistem pemerintahan mempunyai tujuan untuk menjaga suatu kestabilan Negara itu. Sistem pemerintahan mempunyai fondasi yang kuat dimana tidak bisa diubah .Secara luas berarti sistem pemerintahan itu menjaga kestabilan masyarakat, menjaga tingkah laku kaum mayoritas maupun minoritas, menjaga fondasi pemerintahan, menjaga kekuatan politik, pertahanan, ekonomi, keamanan sehingga menjadi sistem pemerintahan yang kontinu dan demokrasi dimana seharusnya masyarakat bisa ikut turut andil dalam pembangunan sistem pemerintahan tersebut. Oleh karena itu, peran masyarakat terutama pemuda Indonesia sangat penting, bukan hanya menjadi fondasi tetapi juga pasak negara yang sangat dibutuhkan.

Adapun informan dari masyarakat kelas menengah terdiri dari masyarakat yang berpenghasilan 5 juta hingga 10 juta perbulan dengan latar belakang sebagai pegawai negeri, guru, pekerja kantor, pemilik toko dengan ukuran sedang, pemilik restoran dengan latar belakang pendidikan paling rendah SMA dengan jumlah 100 informan. Sedangkan informan dari masyarakat bawah sebanyak 200 orang Dengan latar belakang pendidikan lulusan SMA sampai dengan SD. Dengan pekerjaan sebagai guru, supir taksi, supir angkot, pedagang asongan, tukang ojek, tukang gorengan, tukang bakso, tukang becak, buruh pabrik, petani, nelayan yang semuanya berpendapatan rata rata di bawah 5 juta rupiah. Informan tersebar dari pedesaan hingga perkotaan kabupaten, provinsi hingga ibu kota. Semua itu tentunya mulai dari yang berkomentar negatif ada pula yang berkomentar positif. Dari segi ekonomi, banyak yang mengeluh karena mendapat gaji yang minim namun pengeluaran yang sangat membengkak. Dari segi hukum dimana mulai kendur untuk yang seharusnya ditindak, namun ketat untuk masalah sepele. Dan tentu saja ada pendapat positif lain, dimana pemerintahan pada saat ini sudah cukup bagus di bandingkan sistem sebelumnya, hal ini terbukti dengan kesejahteraan rakyat sudah meningkat, angka kemiskinan di indonesia sudah menurun dan semakin mudahnya urusan birokrasi pada masa ini. Selain itu banyaknya program-program yang sangat bergunan bagi rakyat Indonesia seperti program Indonesia sehat, Program Indonesia Pintar. Selain itu di bidang Infrastruktur pada masa ini menjadi prioritas utama. Seperti pembuatan Tol Laut, pembuatan Jalan Tol Trans Sumatra dan Pembuatan jalan di Papua.

Seperti yang kita ketahui kewajiban pemerintah antara lain melindungi rakyat dari segala macam ancaman baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, meberikan pelayanan untuk rakyat, mensejahterkan kehidupan rakyat, memenuhi segala sesuatu yang telah menjadi hak hak masyarakat Indonesia, menjalankan program pengelolaan negara yang telah disepakati bersama, mengerti dan memahami prioritas kebutuhan masyarakat, mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia, menertibkan kehidupan masyarakat Indonesia dengan program keamanan yang telah dicanangkan, menjaga amanah yang telah dibebankan oleh rakyat kepada pemerintah, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus saling bekerja sama untuk mensejahterakan rakyat, bukan bekerja sama untuk kepentingan sendiri atau kelompok. Dan masih banyak lagi lainnya.

Lalu, hak-hak pemerintah antara lain mendapatkan upaya sebagai pengelola bangsa, berhak hidup, berhak untuk ditaati oleh seluruh warga Negara Indonesia, mendukung dukungan dari warga Negara dalam menjalankan program pemerintah, Mendapat perlindungan dari warga Negara agar terhindar dari segala ancaman dan serangan yang datangnya dari dalam atau luar negeri, segala kebijakan yang telah diputuskan oleh pemerintah berhak untuk dihargai, mendapat dukungan dari warga negara dalam menjalankan program pemerintah, begitu pula lainnya.

Kemudian, ada pula beberapa kewajiban warga Negara Indonesia, seperti menjaga kelestarian budaya, tradisi dan adat Indonesia yang telah tumbuh subur, menjadi warga negara yang baik, ikut serta dalam memajukan negara Indonesia, mendukung program pemerintah, taat pada peraturan yang telah ditetapkan serta konsekuensinya, ikut serta dalam menjalankan program pemerintahan, menjaga nama baik negara, tidak sewenang-wenang memutuskan kebijikan, membela Negara Indonesia, membayar pajak, memiliki jiwa patriot dan nasionalisme, cinta tanah air, dan beberapa lainnnya.

Dari masing masing kewajiban dan hak pemerintah maupun warga negara, dapat kita ketahui jika keduanya saling berkaitan. Karena pada dasarnya pemerintah mengambil suatu kebijakan pasti sudah mempertimbangkan dengan matang dan memprediksi dampak-dampak yang akan terjadi. Kita harus memahami alasan-alasan dari pemerintah dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itu, untuk sesama manusia dalam negara yang sama, marilah kita untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia lebih baik lagi dengan tujuan yang sama ini.


×
Berita Terbaru Update