Notification

×

Iklan

Iklan

Deteksi Dini Anemia Agar Sehat di Usia Senja bersama Dosen FK Uhamka

Selasa, 03 Agustus 2021 | Selasa, Agustus 03, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-03T04:09:31Z


Serambiupdate.com
Dosen Fakultas Kedokteran Uhamka Bersama LPPM selenggarakan kegiatan edukasi yang diketuai oleh dr Zahra Nurusshofa SpPA dan menggandeng 2 dosen lain yaitu dr Ismaily Fasyah MKed SpTHTKL dan dr Muhammad Hatta SpOG serta dibantu oleh 2 mahasiswa FK Uhamka Alzafan Efraim Notatema Gori dan Qoyimatul Adilah (28/7).

 

Edukasi yang dilatarbelakangi dari anemia sering kurang terdiagnosis dan tidak dilaporkan kepada pasien karena sebagian besar dianggap sebagai konsekuensi dari penuaan.

 

Dr dr Gea Pandhita S SpS MKes selaku narasumber memaparkan pentingnya pemahaman mendeteksi tanda dan gejala anemia secara sederhana, yang dapat dilakukan mandiri. Pakar juga memberikan edukasi mengenai diet tinggi besi yang sangat penting untuk mencegah anemia.

 

“Anemia adalah kondisi berkurang kadar hemoglobin (Hb) atau hematokrit atau hitung jenis sel darah merah. Sekitar 20% pasien anemia adalah berasal dari populasi geriatrik. Berdasarkan rekomendasi World Health Organization (WHO) anemia adalah kadar Hb < 12.0 g/dL untuk wanita dan <13.0 g/L untuk pria. Pada kelompok usia geriatri, anemia merupakan masalah umum dan masalah kesehatan masyarakat,” ujarnya.

 


Edukasi yang dihadiri oleh para lansia pengurus cabang Aisyiyah dan pengurus cabang Muhammadiyah pondok aren serta mengundang pula seluruh peserta lansia umum.

 

Peserta sangat antusias bertanya, satu pertanyaan menarik yaitu mengenai saudaranya yang terkena leukimia dan harus transfusi darah terus menerus.

 

 dr. Zahra Nurusshofa, SpPA juga memberikan jawaban, “Leukimia adalah suatu keganasan dari sel darah putih yang membuat sel darah putih bertambah sangat banyak, sehingga sel darah merah hanya sedikit, sehingga pasien memang akan melakukan transfusi darah terus menerus,”

 

Edukasi yang dilanjutkan pada kegiatan screening anemia secara home visit pada anggota PCM dan PCA pondok Aren, disertai penyerahan bantuan sembako dan obat-obatan. (31/07)_

 

Selain screening anemia, anggota juga diberikan penyuluhan dan diberikan pamphlet mengenai anemia.

 

Rangkaian kegiatan ini bertujuan agar masyarakat pada umumnya, anggota PCM dan PCA pondok Aren pada khususnya, dapat melakukan deteksi dini anemia serta diketahui kadar hemoglobinnya.

 

Saat PPKM, walaupun berada di kota besar, anggota PCM dan PCA ternyata tidak terjangkau oleh fasilitas Kesehatan karena keterbatasan biaya dan ketidakmampuan menjangkau fasilitas Kesehatan terdekat.

×
Berita Terbaru Update