Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Sekolah Perempuan untuk mewujudkan Keluarga TANGGUH

Jumat, 23 Juli 2021 | Jumat, Juli 23, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-25T15:41:16Z


Serambiupdate.com Peran seorang perempuan sangatlah penting, baik di dalam keluarga maupun masyarakat. Ibu adalah sekolah utama, bila kita mempersiapkannya, maka kita telah mempersiapkan generasi terbaik. Perempuan berdaya adalah kunci keberhasilan pembangunan sebuah negara, terutama dalam mencapai keadilan dan kesejahteraan yang merata.


Di bawah naungan Pusat Studi Gender dan Perlindungan Anak (PSGPA) Uhamka bekerja sama dengan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka, Tim Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Puri Pramudiani SPd MSc beserta anggota tim Khusniyati Masykuroh MPd dan Nur Aini Puspitasari MPd sebelumnya melakukan analisis kebutuhan (Need Assessment) dengan menyebarkan kuesioner kepada mitra anggota Ranting Aisyiyah Kampung Rambutan dan juga keluarga Civitas Akademika Uhamka dimana dari hasil kuesioner tersebut dapat diidentifikasi beberapa permasalahan yang dirasa perlu diberikan solusi dan penguatan terutama dalam hal pendidikan anak. 


Kegiatan yang bertemakan “Pelatihan Sekolah Perempuan dalam Mewujudkan Keluarga TANGGUH (Terampil, Aktif, Natural, Gembira Untuk Generasi Uhamka)” dilaksanakan dari mulai tanggal 10 sampai dengan 23 Juli 2021 dan beranggotakan 30 orang peserta.


Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para perempuan berdaya, mampu berpikir kritis dan konstruktif, memiliki keterampilan (skills) yang baik, dan dapat menjadi madrasah utama menuju keluarga sakinah, mawaddah, warahmah.


Dalam kegiatan ini juga dikembangkan materi ajar berupa bagaimana caranya mendidik dengan tangguh dan bahagia dan upaya pencegahan kekerasan pada anak yang disampaikan oleh Tim Pengabdian Masyarakat, dan juga kiat-kiat menerapkan internet ramah anak dengan menghadirkan narasumber yang pakar dalam bidang Teknik Informatika yaitu Mia Kamayani STMT. 


Kegiatan yang berlangsung selama 2 minggu ini dilakukan penguatan (reinforcement) secara intensif baik melalui pertemuan synchronous (via zoom meeting) dan asynchronous (via whatsap group) tentang bagaimana membangun ketahanan keluarga yang TANGGUH (Terampil, Aktif, Natural, Gembira Untuk Generasi Uhamka).


Dalam kegiatan synchronous yang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 17 Juli 2021 melalui zoom meeting, para narasumber memberikan materi yang terkait dengan Pendidikan Anak baik dari segi kepribadian sebagai seorang ibu maupun keterampilan dalam mendidik dan membersamai anak-anak di rumah. Selama rentang waktu 2 minggu sampai tanggal 23 Juli 2021 peserta pelatihan diberikan tugas oleh narasumber/ fasilitator yang berkaitan dengan rencana tindak lanjut dari materi yang sudah didiskusikan pada saat pertemuan dalam zoom meeting termasuk menerapkan penggunaan aplikasi family link untuk memantau anak-anak dalam menggunakan gadget.


Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini, peserta memperoleh kesan yang baik terutama dalam hal peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mendidik anak-anak dengan tangguh dan bahagia.

×
Berita Terbaru Update