Notification

×

Iklan

Iklan

157 Orang Anak di Kabupaten Rembang Terima Bantuan Sodial ATS

30 Januari 2023 | Senin, Januari 30, 2023 WIB | Last Updated 2023-01-30T05:32:23Z

 


Serambiupdate.com
- Sebanyak 157 orang anak di Kabupaten Rembang yang telah dan rentan putus sekolah, dapat kembali mengenyam pendidikan. Mereka yang berasal dari enam kecamatan itu, menerima bantuan sosial khusus Anak Tidak Sekolah (ATS), dari program Gerakan Ayo Sekolah Pol 12 Tahun (GASPol 12).

 

Ratusan orang siswa yang berhasil dikembalikan ke sekolah dan melanjutkan pendidikannya dianataranya SD/MI/paket A berjumlah 7 orang siswa, SMP/MTS/paket B berjumlah 71 orang siswa, dan SMA/MA/paket C berjumlah 79 orang siswa.

 

Mochamad Hanies Cholil Barro’ selaku Wakil Bupati Rembang menyampaikan apresiasi atas upaya tim GASPol 12, yang yang telah berhasil membujuk 157 orang anak dari 1.477 orang anak tidak sekolah, dari enam kecamatan diantaranya Kecamatan Sumber, Pancur, Pamotan, Kragan, Sarang, dan Sedan.

 

“Capaian itu sudah luar biasa di tengah tantangan masih adanya pandemi. Karena ekonomi lah yang menjadi penyebab paling banyak mereka putus sekolah. Kalau masalahnya ekonomi, ada bantuan, meskipun tidak banyak, kami komitmen untuk membantu. Kalau masalah lain, kita membuka ruang diskusi,” ujar Mochamad Hanies Cholil Barro’.

 

Disampaikan, nominal bantuan sosial yang diberikan kepada ATS yang mau melanjutkan sekolah di tingkat SD sebesar Rp500 ribu, SMP sederajat sebesar Rp600 ribu, dan SMA/SMK sederajat sebesar Rp800ribu, dengan total anggaran sebesar Rp109.300.000.

 

Mochamad Hanies Cholil Barro’ menambahkan, rata- rata ATS yang belum mau kembali bersekolah, karena mereka sudah bekerja dan ada yang memilih masuk pondok pesantren, meninggalkan sekolah formal.

 

“Ini tetap kita berikan ruang-ruang diskusi, begitupun yang bekerja dan masih usia sekolah, kita sarankan ke PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), sehingga tidak menyita waktu, tidak seperti sekolah formal,” ungkap Mochamad Hanies Cholil Barro’.

 

Ahmad Ridwan Ansori sebagai  Penerima bantuan warga Desa Jeruk, Kecamatan Pancur mengaku bersyukur bisa kembali bersekolah, karena sempat berhenti karena orang tua yang mengalami kesulitan ekonomi. Ketika ada tim GASPol 12 yang datang ke rumahnya untuk menawarkan bantuan dan memintanya melanjutkan ke SMA sederajat, ia pun langsung menyanggupinya.

 

“Alhamdulillah terbantu untuk biaya transpor dan operasional sekolah. Putus sekolah satu tahun karena ada Covid-19, ekonomi keluarga terganggu. Kemarin sekolah di SMPN 2 Pancur, dan sekarang di SMK 2 Rembang,” tutup Mochamad Hanies Cholil Barro’.


ADP

=