Notification

×

Iklan

Iklan

Gempa Cianjur Imbaskan UAS Satuan Pendidikan SMA, SMK, dan SLB Terpaksa Diundur

01 Desember 2022 | Kamis, Desember 01, 2022 WIB | Last Updated 2022-12-01T02:32:46Z

 


Serambiupdate.com 
- Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat mengundur pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) bagi siswa SMA, SMK, dan SLB di Cianjur, usai puluhan sekolah hancur diguncang gempa M 5,6.

 

Dedi Supandi selaku Kepala Disdik Jabar menyatakan bahwa awalnya UAS akan digelar serentak di Jawa Barat pada 5-17 Desember 2022. Namun karena Cianjur luluh lantak diguncang gempa, mengharuskan aktivitas kegiatan di sekolah menjadi terganggu.

 

"Khusus untuk Cianjur, UAS-nya kita mundurkan mulai tanggal 9 Januari 2023," ujar Dedi, Rabu (30/11).

 

Mengacu pada kalender akademik Disdik Jabar, seharusnya aktivitas SMA, SMK, dan SLB sudah libur pada 25 Desember 2022 hingga 6 Januari 2023. Maka dari itu, nantinya sekolah aktif kembali pada 9 Januari 2023. Khusus untuk Cianjur, UAS akan digelar pada saat siswa masuk kembali ke sekolah pada tahun depan.

 

"KBM-nya juga akan terus berjalan dan ada beberapa pilihan KBM yang pilihannya saya serahkan ke satuan pendidikan di Cianjur. Jadi, ada yang daring full, hybrid, ada juga yang bagi sif pagi dan siang karena kondisi sekolahnya hancur bahkan ada juga yang melakukan pembelajaran darurat," tuturnya.

 

Menurutnya, gempa Cianjur ini mengakibatkan sebanyak 88 sekolah dengan 435 ruangan mengalami kerusakan. Dengan demikian, ia memberi arahan ke satuan pendidikan agar pembelajaran dapat dilakukan dengan tidak menitikberatkan kepada siswa di Cianjur.

 

"Itu pasti, sudah kita sampaikan sehingga ada trauma healing juga dilakukan di lokasi-lokasi pengungsian. Intinya, kondisi tersebut diserahkan dan ditangani ke satuan pendidikan," tutup Dedi.


ADP/SAN

=