Notification

×

Iklan

Iklan

Akademisi Universitas Cenderawasih: Pemerintah Perlu Perbaiki Layanan Pendidikan di Papua

Rabu, 09 November 2022 | Rabu, November 09, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-09T07:26:24Z

 


Serambiupdate.com
- Kurniawan Patma selaku Akademisi pada bidang pendidikan di Universitas Cenderawasih mengatakan bahwa pelayanan publik dunia pendidikan di Papua perlu mendapatkan perhatian dan kerja sama dari pemerintah agar dapat memberikan kemudahan dalam layanan digitalisasi maupun layanan lainnya.

 

"Pada pelayanan publik di dunia pendidikan itu sudah ada standardisasi, namun khusus pada penerapan layanan digitalisasi di lapangan masih kurang karena adanya beberapa daerah-daerah yang belum mendapatkannya," ujar Kurniawan, Selasa (6/11).

 

Menurutnya, mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA bahkan perguruan tinggi, pelayanan publik yang diberikan belum diterapkan secara baik seperti halnya pada fasilitas pembelajaran yang masih kurang perhatian dari pemerintah sehingga dibutuhkan kerjasama dari berbagai elemen.

 

"Jadi, keberadaan institusi pendidikan pada layanan publik memang harus ada dan diperbaiki sehingga perlu menjadi perhatian lebih pemerintah daerah ataupun instansi lainnya," tegasnya.

 

Selain itu, ia juga memaparkan contoh bahwa dalam hal pendaftaran sekolah, masih dijumpai berbagai kendala ataupun permasalahan lainnya yang cenderung dapat berubah menjadi keuntungan pribadi ataupun keuntungan pihak sekolah.

 

"Maka dari itu, harus ada solusi dari pemerintah setempat untuk dapat membuat komitmen dengan orang-orang di dalam lembaga pendidikan sehingga pelayanan pendidikan yang diberikan dapat berjalan dengan baik," jelasnya.

 

Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan evaluasi secara menyeluruh melalui dinas terkait yang berhubungan dengan dunia pendidikan karena hal tersebut sangat penting bagi masa depan anak-anak Papua.


ADP/SAN

×
Berita Terbaru Update