Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatan Mutu Pendidikan, Pemerintah di Kabupaten Sinjai Hadirkan aplikasi “Macca Qe”

Kamis, 06 Oktober 2022 | Kamis, Oktober 06, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-06T07:03:26Z



Serambiupdate.com Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, menghadirkan aplikasi Macca Qe atau Management of Connection, Collaboration and Application for Quality of Education untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah itu.

 

Kepala Disdik Sinjai Andi Jefrianto Asapa mengatakan, aplikasi ini memiliki sejumlah keunggulan untuk menjawab persoalan standar mutu pendidikan dan kesetaraan mutu satuan pendidikan antarwilayah di Kabupaten Sinjai.

 

“Harapan kami ke depan, aplikasi Macca Qe ini akan menjadi satu data tentang pendidikan di Sinjai. Tidak ada lagi data-data lain selain dari Macca Qe," ujarnya.

 

"Jadi kita ambil contoh data dapodik, data akreditasi, kemudian data sertifikasi dan data-data lainnya semua ada di aplikasi Macca Qe,” kata Jefrianto.

 

Dirinya berharap masyarakat dapat mengakses sejauh mana mutu pendidikan yang di berikan oleh Pemerinntah di Kabupaten Sinjai dengan adanya aplikasi ini

 

"Misalnya, bagaimana ketersediaan sumber daya manusia, sarana prasarana, apakah semuanya memungkinkan untuk masyarakat diberikan fasilitas untuk jaminan pendidikan di masa akan datang," katanya.

 

Andi Jefrianto menambahkan, pemantauan terhadap peserta didik yang sedang menjalani proses belajar mengajar di satuan pendidikan masing-masing, merupakan keunggulan lain dari aplikasi ini

 

Dirinya mengatakan, pada aplikasi ini jadwal masuk dan pulang setiap peserta didik dapat diketahui secara tepat waktu. Hal itu merupakan bentuk penjaminan mutu pendidikan di Bumi Panrita Kitta.

 

“Di dalamnya ada absensi digital untuk anak-anak kita. Jadi orang tua kalau dia akses aplikasi Macca Qe di HP-nya, maka anaknya yang absen di sekolah itu akan masuk notifikasinya di HP masing-masing orang tua. Nantinya mereka akan tahu bahwa anaknya sudah masuk di sekolah begitupun kalau sudah pulang dari sekolah,” katanya.

 

Selain tersedianya sarana absensi digital terhadap peserta didik, aplikasi ini juga dapat merekapitulasi kehadiran tenaga pendidik untuk kebutuhan pencairan tunjangan kerja.

 

"Aplikasi Macca Qe telah diunduh sekitar tiga ribu pengguna melalui Playstore," ujarnya.

DYL_RPH

×
Berita Terbaru Update