Notification

×

Iklan

Iklan

Teknologi dan Pembelajaran

Sabtu, 22 Oktober 2022 | Sabtu, Oktober 22, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-22T03:13:00Z

 



 

Oleh : Rahmani Azzahra

Mahasiswa FEB Uhamka



Kemajuan teknologi pada zaman ini sangatlah berkembang pesat, teknologi sudah seperti makanan setiap hari dan digunakan untuk kalangan umum entah itu pekerja, pelajar, ibu rumah tangga, sampai dengan lingkungan pemerintahan. Dengan begitu perkembangan teknologi memberikan dampak bagi setiap orang, entah itu dampak positif ataupun dampak negatif dan ini mempengaruhi bidang yang lainnya seperti sosial, politik, budaya, agama, dan pendidikan. Dalam aspek pendidikan teknologi mengubah segalanya termasuk sistem pembelajaran, apalagi diera pandemik ini. Pembelajaran jarak jauh sering digunakan pada pandemik ini bahkan teknologi adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh, tentu ini sangatlah banyak dampak bagi kemajuan teknologi pada aspek pendidikan. 

Dampak positif pada kemajuan teknologi bagi aspek pendidikan yaitu sistem pembelajaran yang sekarang sering menggunakan teknologi seperti laptop, handphone, tab, atau lain sebagainya yang bisa menunjang terlaksananya pembelajaran diera pandemik ini. Setiap siswa menjadi paham dalam penggunaan teknologi seperti aplikasi pembelajaran, video pembelajaran, dan dalam menggunakan pembahasan soal, tidak hanya itu perkembangan teknologi ini bisa meningkatkan efisiensi siswa dalam pembelajran.

Tetapi, tidak mungkin jika perkembangan teknologi ini akan tidak memberikan dampak negatif bagi siswa. Seperti siswa tidak efektif dalam penggunaan teknologi tersebut misalnya, jika orang tua tidak memperhatikan atau mendampingi penggunaan gadget pada siswa maka terkadang siswa bisa menggunakan gadget nya untuk bermain game dengan alasan ada sekolah online atau tugas online maka dari itu orang tua sangatlah penting untuk memperhatikan anaknya. Tidak hanya itu, dampak negatif lainnya berdampak pada kepahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru, terkadang siswa sering mengeluh sekolah online bisa membuat siswa tidak paham atas materi yang diberikan pada guru dan berujung dengan menurun nya kinerja kemampuan siswa itu dalam menangkap materi tersebut. 

Dampak negatif lainnya, terkadang jaringan di Indonesia masih sulit ditempuh untuk daerah pendalaman seperti daerah kampung yang jauh dari adanya sinyal. Maka dari itu, pemerintah harus membantu memberikan subsidi bagi daerah pendalaman untuk menambah jejaring internet agar para siswa didaerah tersebut bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik. 


×
Berita Terbaru Update