Notification

×

Iklan

Iklan

Generasi Milenial Pemimpin Masa Depan

Minggu, 09 Oktober 2022 | Minggu, Oktober 09, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-09T03:09:00Z

 



Oleh : Rindah Aisyah

Mahasiswa FEB Uhamka


Di zaman serba canggih ini, kemajuan teknologi begitu cepat di kehidupan sehari-hari, mulai dari penyebaran berita, mencari informasi, tren masa kini, hingga yang kian marak yaitu belanja online, sehingga kita harus mengikuti arus teknologi agar tidak tertinggal jauh. Proses perubahan tersebut, membuat semua orang harus terbiasa di zaman teknologi maju. Hal tersebut mungkin bagi generasi milenial terlihat lebih efektif dan efisien tetapi bagi generasi X, rata-rata dari mereka terlihat sulit beradaptasi karena pada zamannya, teknologi belum secanggih sekarang.

Era digital ini timbul dari lingkungan berbasis elektronik. Dimana segala bentuk komunikasi, pengambilan keputusan yang cepat dan tepat, melaksanakan serta memantau aktivitas kerja menggunakan teknologi. Perkembangan teknologi yang pesat, membuat segala aspek harus bisa menyesuaikan keadaan.

Bagi generasi milenial, hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit. Mereka lahir di tengahtengah era digital, bisa dikatakan melek terhadap teknologi masa kini bahkan sudah menjadi lifestyle. Namun, bagi kepemimpinan lama mereka harus beradaptasi dengan era digital dimana sebagian dari generasi X sudah terbiasa dengan cara manual tetapi zaman semakin berkembang yang membuat sebagian kepemimpinan lama tergeser dengan kepimimpinan baru.


Karakteristik generasi milenial yang berbeda dengan generasi X, diharapkan generasi milenial dapat mempercepat kegiatan produktivitas perusahaan guna menmeningkatkan mutu perusahaan menjadi lebih baik di bawah kepemimpinan generasi milenial. Akan tetapi, kepemimpinan generasi milenial dengan generasi X akan teus menimbulkan konflik karena perbedaan yang signifikan.  

Maka dari itu, bagi pemimpin lama tidak mudah untuk menyesuaikannya apalagi ia berasal dari generasi X. Karenanya di setiap organisasi maupun perusahaan harus mempunyai pemimpin yang inovatif untuk menggerakan generasi milenial yang mempunyai potensi besar untuk menjadi pemimpin masa depan. Dan diharapkan generasi milenial bisa menggantikan kepemimpinan lama untuk bergerak maju membawa perkembangan di era digital.  

Lambat laun kepemimpinan akan digantikan dengan generasi milenial untuk dapat bersaing lebih maksimal agar siap mengahadapi tantangan di luar sana. Mereka harus bisa mengeluarkan ide-ide cemerlang yang bersifat inovatif dan kreatif untuk membuktikan bahwa generasi masa kini juga dapat menjadi pemimpin masa depan.  


×
Berita Terbaru Update