Notification

×

Iklan

Iklan

Kepala Dinas Pendidikan Jayawijaya Membuat Kegiatan Wajib Membaca 15 Menit setiap hari

28 September 2022 | Rabu, September 28, 2022 WIB | Last Updated 2022-09-28T04:24:28Z


Serambiupdate.com Kepala Dinas Pendidikan Jayawijaya, Natalis Mumpu di Wamena, Selasa, mengatakan kebijakan dalam mewajibkan siswa sekolah dasar (SD) untuk membaca 15 menit setiap hari, merupakan tindak lanjut kasus siswa tamatan SD yang ternyata belum bisa membaca.

 

"Sebagian besar sekolah sudah menerapkan sistem ini, terutama di ring I,II dan sampai dengan ring IX," katanya.

 

Dinas Pendidikan mengimbau kepada kepala seluruh sekolah tidak meninggalkan sekolah agar memantau penerapan kebijakan ini.

 

Natalis memastikan sektor pendidikan, perekonomian warga dan kesehatan akan menjadi perhatian bupati dan wakil di masa kepemimpinan mereka.

 

"Kami sampaikan kepada kepala sekolah agar siswa Kelas VI yang lulus harus sudah bisa baca dan tulis," katanya.

 

Siti Aminah selaku Kepala SD Terpadu Nurul Hidayah Wamena, mengatakan pihaknya telah menerapkan kegiatan wajib membaca 15 menit. Kebijakan itu sudah dilakukan sejak tahun lalu.

 

Setiap siswa dan siswi di sekolah ini wajib membaca 30 menit setiap hari yaitu 15 menit sebelum masuk kelas dan 15 menit sebelum pulang sekolah.

"Sampai sekarang setiap siswa wajib membaca 15 menit sebelum masuk kelas dan 15 menit sebelum pulang sekolah. Khusus hari Sabtu, itu literasi seperti membaca dan bermain kebun huruf," katanya.

 

Untuk mendukung kegiatan 30 menit membaca setiap hari, pihak sekolah telah menyiapkan ruang pojok baca di masing-masing kelas.

 

"Kami mendapat dukungan sumbangan buku dari donatur. Diharapkan ada donatur yang menyumbangkan buku lagi agar minat baca anak-anak semakin berkembang," katanya.

 

Sebagai bentuk partisipasi dan dudkungan, beberapa orang tua wali ikut menyumbang buku untuk menopang pengembangan sektor pendidikan.

 

"Ini disebabkan anak-anak lebih suka membaca bersama teman-temannya ketimbang harus membaca sendiri di rumah," katanya.

DYL_RPH

=