Notification

×

Iklan

Iklan

Indonesia Mengajar Adakan Konferensi Pendidikan di Daerah Timur Indonesia

Kamis, 22 September 2022 | Kamis, September 22, 2022 WIB | Last Updated 2022-09-22T07:45:52Z



Serambiupdate.com Sejak 2010, Indonesia Mengajar hadir melalui terobosan gelombang guru muda yang datang ke Indonesia Timur. Selama 12 tahun perjalanannya, Indonesia Mengajar telah melihat potret perjuangan berulang yang diprakarsai oleh para aktivis pendidikan di Indonesia bagian timur.

 

Indonesia Mengajar, bekerja sama dengan para pegiat pendidikan, menerima beragam cerita yang membantah spekulasi tentang realitas pembangunan sumber daya manusia di kawasan timur Indonesia. Kondisi yang ditemui di lapangan tidak selalu sesuai dengan asumsi yang sering diberitakan di berbagai media. Sejauh ini, langkah paling ideal untuk memahami Indonesia Timur adalah dengan mempelajari langsung upaya pembangunan Indonesia Timur.

 

Hikmat Hardono, Ketua Yayasan Indonesia Mengajar melakukan hal yang lain dengan mengumpulkan orang-orang dari berbagai daerah di Indonesia Timur untuk berbagi pengalaman mereka tentang pengembangan sumber daya manusia di Indonesia Timur melalui Konferensi Pendidikan Indonesia Timur. Menurutnya, penting untuk mendengar lebih baik dari masyarakat umum, bukan hanya akademisi. Apalagi masalah keterbelakangan di Indonesia Timur merupakan benang kusut yang harus diurai secara perlahan.

 

“Yang saya khawatirkan adalah karfena kita terlalu terburu-buru dalam membayangkan sebuah solusi yang besar sehingga kita harus bermindset dan meyakini atas satu solusi itu saja dengan teknik yang pendekatannya lebih terbuka atau beragam,” ujarnya secara tertulis, Rabu (21/9).

 

Selain itu, tantangan manusia dan budaya Indonesia Timur sangat besar, dan Indonesia mengajarkan kita untuk mengambil langkah lebih terbuka, mendengarkan, langsung ke lapangan, dan merasakan secara langsung apa yang terjadi di sana.

DYL

×
Berita Terbaru Update