Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Dosen FK Uhamka Laksanakan Penerapan PHBS Sejak Dini di SD Muhammadiyah 47 Bekasi dan Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 44 Bekasi

Sabtu, 06 Agustus 2022 | Sabtu, Agustus 06, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-06T05:50:12Z

Serambiupdate.com Tim Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) laksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) atas kerja sama dengan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Muhammadiyah 47 Bekasi dan Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 44 Bekasi.


Program Kemitraan Masyarakat ini merupakan salah satu kegiatan dalam Catur  Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, dimana dosen mempunyai kewajiban turun ke masyarakat, mengajak dan memberdayakan masyarakat.


Kegiatan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak usia dini pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui anak pada usia dini, individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur-jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi.



dr. Henny Hanna selaku Dosen FK Uhamka sekaligus ketua tim menuturkan bahwa PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.


“Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu-individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat. Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan juga pentingnya pengetahuan PHBS kepada anak usia dini yang memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan,” katanya.


Ia menambahkan bahwa kegiatan ini dapat diadakan di sekolah-sekolah lain. “Dapat dilakukan pengabdian lebih lanjut dengan materi yang lebih advance,” imbuhnya.

×
Berita Terbaru Update