Notification

×

Iklan

Iklan

Tantangan Akuntan

Sabtu, 06 Agustus 2022 | Sabtu, Agustus 06, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-06T02:29:00Z

  



Oleh : Wanda Septian Saputri

Mahasiswa FEB Uhamka


Kemajuan teknologi sudah berkembang semakin pesat dan memudahkan pekerjaan manusia. Tetapi disisi lain, akan banyak menghilangkan pekerjaan lantaran kedudukan manusia sudah tergantikan oleh mesin. Artinya, kiprah manusia akan tergeser oleh peran teknologi yang semakin canggih. Begitu juga dengan sektor akuntansi yang akan menghadapi era ini.

Teknologi merupakan hal yang paling utama untuk kita mampu beradaptasi dengan zaman yang serba ada. Hal ini akan berlanjut dengan tantangan lain untuk para akuntan. Akuntan yang andal tidak sepatutnya hanya bertumpu pada kemampuan menghitung dan pelaporan akuntansi saja. Melainkan harus fasih dalam berteknologi. Akuntan yang mampu menguasai teknologi akan lebih banyak dibutuhkan baik dari segi memberikan pendapat dan penilaian sehingga mampu mengambil keputusan dengan baik.

Perkembangan aplikasi dan software baru yang kedepannya akan  menggantikan banyak peran profesi akuntan akan mengakibatkan kita harus mempelajari banyak hal-hal baru lagi. Kemungkinan nantinya profesi akuntansi akan menjadi salah satu prioritas teratas yang akan digantikan oleh robot atau komputer. Banyak kemungkinan yang akan tergantikan, seperti pencatatan transaksi sampai membuat laporan keuangan beserta analisis-analisisnya. Bahkan software tersebut mampu digunakan oleh orang awam sekalipun.

Lantas apakah para perusahaan kedepannya tidak akan membutuhkan lagi para akuntan? Apakah berarti seorang akuntan hanya sedang menunggu waktu untuk meredup saja? Jawabannya bisa iya dan juga bisa tidak. Mengapa demikian? Karena yang terjadi sebenarnya ialah bahwa sekarang ini peran akuntan sedang tergeser oleh canggihnya teknologi. Jadi walaupun tantangan yang dihadapi juga tidak sedikit, namun tidak menutup kemungkinan bahwa peluang yang akan dihadapi justru semakin besar, dengan syarat harus meng-upgrade keahlian diri kita masing-masing.

 

×
Berita Terbaru Update