Notification

×

Iklan

Iklan

Remaja dan Pengelolaan Keuangan

Rabu, 10 Agustus 2022 | Rabu, Agustus 10, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-10T02:37:00Z

  


Oleh : Arya Raihan Akbar Al-faridzi Sulistyo

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Masa remaja mungkin bisa diartikan sebagai masa perubahan dari anak-anak menuju dewasa. Masa di mana seorang remaja harus mulai belajar banyak hal untuk mempersiapkan dirinya menjadi dewasa nanti. Yang salah satu contohnya harus belajar mempunyai keterampilan dalam mempelajari bagaimana cara mengelola keuangan. Dimana remaja di era sekarang harus sudah bisa menabung dan pintar mengelola keuangan sendiri. Karena kelak nanti akan dibutuhkan pada saat ia sudah berumah tangga.

Bila kita melihat di era sekarang ini yang perkembangan teknologi sangat cepat, mungkin bagi kita sedikit sulit untuk menahan para remaja ini untuk tidak ikut trend pada zaman nya. Karena memang tidak mudah untuk masalah mengelola keuangan ini, Pasalnya di fase remaja ini masih banyak remaja yang kurang paham pentingnya mengelola/mengatur keuangan. Serta pendidikan yang dikasih oleh orang tua terhadap anak nya. Begitupun di bangku sekolah nya sendiri yang mungkin kurang membantu dalam bagaimana cara mengelola keuangan.

Mengatur atau mengelola keuangan bukan lah hal yang mudah dilakukan. Karena orang dewasa pun masih banyak yang tidak mampu mengelola keuangan miliknya dengan baik. Jadi alangkah baiknya mungkin kita yang masih remaja menuju dewasa ini bisa dibiasakan seperti membuat catatan keuangan, berusaha hidup hemat, hindari berbelanja berlebih, jangan mudah terpengaruh, dan harus mulai berinvestasi serta cari penghasilan tambahan.

Karena mungin dari kita membuat catatan keuangan dan sebagainya bisa jadi kita terhindar dari sifat konsumtif. Itu pun tahap-tahap yang akan membawa kita ke hidup yang sederhana saja tidak berlebihan apalagi kekurangan. Jadi sadarilah diri kita sendiri bagaimana kita memikirkan di masa depan itu kita butuh uang yang dimana membantu kita untuk kelangsungan hidup. Dan tidak lupa juga untuk selalu bersedekah karena apa yang kita sedekahkan pasti di lipat gandakan oleh tuhan.

 

×
Berita Terbaru Update