Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Akuntansi dalam Keseharian itu Apa?

Minggu, 14 Agustus 2022 | Minggu, Agustus 14, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-14T02:53:00Z

  


Oleh: Sovi Indah Ariyanti     

Mahasiswa FEB Uhamka                                                      

  

Sadar atau tidak bahwa setiap kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari memerlukan perhitungan akuntansi. Bagi sebagian orang, ilmu akuntansi adalah berkaitan dengan sistem hitung-menghitung. Faktanya akuntansi atau accounting adalah sebuah proses yang tidak sederhana. Secara umum, pengertian akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, menyajikan data transaksi, dan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan. Pada dasarnya tujuan akuntansi adalah untuk melakukan pencatatan, mengumpulkan serta melaporkan informasi terkait keuangan, posisi keuangan, dan arus kas dalam sebuah bisnis. Salah satu istilah dalam akuntansi yang sering digunakan adalah jurnal, dimana jurnal ini merupakan kegiatan mencatat transaksi yang terjadi secara rinci dan juga waktu yang berurutan.

Akuntansi berkaitan dengan masalah uang dan laporan keuangan, menerapkan akuntansi dalam kehidupan sehari-hari sangat diperlukan agar dapat mengatur keuangan pribadi dengan baik dan benar. Manfaat akuntansi dalam kehidupan sehari-hari adalah kita dapat mengetahui pemasukan dan pengeluaran apa saja dari uang kita dan juga bisa mengontrol serta mengawasi keuangan kita. Banyak orang yang terlalu menganggap kecil jika keuangan kita dibiarkan begitu saja tanpa adanya perhitungan dan pencatatan, maka akan berdampak pada keuanga yang kita pakai dalam kehidupan sehari - hari, dan juga tidak bisa mengontrol keuangan tersebut. Dengan menerapkan ilmu akuntansi dalam kehidupan sehari-hari akan sangat membantu dalam mengendalikan keuangan kita. Adanya pencatatan keuangan ini kita dapat mempertimbangkan keputusan yang akan diambil apakah keputusan tersebut tepat atau tidak. Mengelola keuangan memang tidak mudah karena kehidupan kita memang tidak jauh dengan hutang, dengan adanya pencatatan ini pula kita bisa mengetahui posisi keuangan kita berada tahap aman atau tidak.

Bagaimana untuk kita dapat mengatur keuangan dalam kehidupan sehari – hari agar tidak boros ? Pertama, membuat anggaran keuangan terdiri dari pengeluaran yang bersifat tetap setiap bulannya, seperti tagihan rumah tangga, biaya hidup sehari-hari, asuransi, transportasi, libuan, dan lain – lain. Kedua, membuat catatan keuangan dengan menulis pengeluaran sehari-hari dan mencatat pemasukan yang kita miliki, karena di akhir bulan kita akan mengevaluasi apakah pengeluaran kita lebih besar dari pemasukan atau tidak. Ketiga, mengecek kembali anggaran keuangan yang telah kita buat agar kita tahu jika banyak melakukan pengeluaran, maka hal yang harus dilakukan adalah mencari bagian mana dalam pengeluaran kita yang bisa dikurangi atau perlu dihemat. Jika  masih memiliki sisa dari pemasukan pada bulan tersebut, kita dapat menabungnya.

Mengatur keuangan yang baik memang memerlukan latihan terus menerus. Meskipun pada awalnya  belum terbiasa dengan perencanaan di awal. Semakin sering kita melakukan kebiasaan untuk mengatur keuangan seperti tips yang telah dijelaskan sebelumnya dan menjadikan kebiasaan tersebut dalam kehidupan sehari - hari, maka dengan mudah untuk kita mengatur keuangan dan kehidupan keuangan kita semakin sehat.

 

×
Berita Terbaru Update