Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Finance Untuk Generasi Muda

20 Agustus 2022 | Sabtu, Agustus 20, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-20T02:03:00Z

 


 


Oleh : Siva Fathia Rahma

Mahasiswa FEB Uhamka

 


Dewasa ini,kalangan muda atau yang biasa kita sebut sebagai generasi millenial merupakan kalangan yang memiliki passionate dan semangat tinggi dalam membangun kehidupannya. Generasi millenial ini lahir pada kisaran tahun 1980-2000an. Hidup ditengah kemajuan teknologi yang ada mempermudah para generasi millenial dalam mengakses keuanganya. Dengan adanya m-banking dan berbagai aplikasi online yang bisa dengan mudah dijangkau menjadikan generasi millenial ini menjadi generasi yang konsumtif . Tentu hal ini dapat menjadi masalah penting bagi anak muda dalam mengatur skala keuanganya.

Menurut hasil survei Katadata Insight Center (SIC) dan Zigi menunjukan bahwa 33,1% keuangan generasi millenial dan generasi Z menurun. Karena disebabkan oleh pendapatan usaha yang menurun dan juga terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Hal ini jelas menunjukan bahwa semakin memburuknya tingkat keuangan pada generasi muda.

Dengan berbagai macam problematika generasi muda dalam mengatur keuangannya, yang harus kita lakukan adalah dengan mulai menyusun skala prioritas keuangan yang kita miliki untuk jangka panjang maupun pendek. Dimana itu akan sangat berpengaruh dalam mengatur pengeluaran yang sesuai dengan kebutuhan dan juga seimbang dengan penghasilan. Hal ini juga dapat menekan pengeluaran yang tidak terlalu penting secara tidak disengaja.

Disisi lain investasi pada zaman sekarang sudah mulai banyak diminati para generasi millenial. Hal ini tentu menjadi sarana untuk mulai menabung dan mempersiapkan keuangan sejak dini. Ditambah investasi pada zaman sekarang sudah dapat dijangkau dengan mudah oleh para investor muda dengan berbagai macam cara, seperti menabung saham,obligasi,reksadana dan juga investasi emas. Cara ini juga dapat digunakan para generasi millenial dalam menyiapkan keuangannya untuk hari tua.

=