Notification

×

Iklan

Iklan

Pengaruh Akuntansi di Dunia Bisnis

Jumat, 05 Agustus 2022 | Jumat, Agustus 05, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-05T02:28:00Z

 




Oleh : Tri Retno Utami

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Mungkin sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui bahwa kenyataannya akuntansi mempunyai peran yang sangat penting dalam dunia bisnis. Sama halnya dengan dunia ekonomi yang sangat berkaitan erat dengan keuangan. Peran akuntansi dalam bisnis yang paling mendasar adalah kemampuannya dalam menyediakan berbagai informasi dan jawaban yang berhubungan dengan segala macam kegiatan keuangan serta segala data terkait keuangan akan tercatat ke dalam system. Sehingga setiap pengambilan keputusan yang akan dilakukan haruslah sesuai dengan informasi keuangan maupun akuntansi pada suatu perusahaan.

Akuntansi sendiri memiliki pengertian sebagai berikut, Akuntansi adalah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Seseorang ahli yang dapat mengolah data-data serta informasi itu disebut dengan akuntan. Dari berbagai informasi yang telah terkumpul seorang akuntan dapat mengambil suatu keputusan atau kesimpulan. Jika sebuah perusahaan memiliki akuntan yang kurang baik atau teliti maka bisa berakibat fatal dalam memutuskan suatu rencana bisnis. Lantaran pengolahan data informasi akuntan tersebut akan menjadi jantung bagi jalannya perusahaan. Segala keputusan besar tidak bisa diambil tanpa memilik laporan keuangan.

Informasi yang di peroleh dari akuntansi dapat meningkatkan efisiensi kerja di divisi keuangan, mengurangi biaya produksi, dan mampu menyuguhkan informasi yang valid, akurat, serta tepat waktu. Tanpa data dan laporan informasi akuntansi, perusahaan tidak bisa melakukan perbaikan kinerja lantaran tidak tahu bagaimana kondisi keuangan perusahaan mulai dari arus kas masuk hingga keluar. Oleh karena itu, dapat kita simpulkan secara singkat bahwa sebenarnya segala macam profesi apapun itu tentu mempunyai keterkaitan yang erat dengan dunia akuntansi. Tidak dapat kita pungkiri bahwa keberadaan akuntansi sangat dibutuhkan di dalam dunia bisnis. Tanpa adanya akuntansi sebuah perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik bahkan sulit untuk menggapai tujuaan awal perusahaan itu di bangun dan peluang untuk bangkrutnya perusahaan tersebut menjadi lebih besar.

Terdapat lima peran penting Akuntansi di dalam dunia bisnis yang perlu kita ketahui yaitu pertama mengetahui informasi penting untuk manajemen perusahaan. Kedua menghitung laba maupun rugi yang dicapai pada suatu perusahaan. Ketiga melakukan pengendalian atau pengawasan terkait aktivitas perusahaan. Keempat membantu dalam melakukan penetapan hak pada tiap-tiap pihak berkepentingan dalam perusahaan baik itu internal maupun eksternal. Dan yang terakhir untuk menunjukkan hal apa saja yang telah dilakukan pada suatu perusahaan guna mencapai target yang telah ditetapkan.


×
Berita Terbaru Update