Notification

×

Iklan

Iklan

Peluang dan Tantangan Profesi Akuntan di Era Digital

Minggu, 21 Agustus 2022 | Minggu, Agustus 21, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-21T02:40:00Z

  


Oleh : Dwi Rahayu

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Industri 4.0 merupakan era yang mengakomodasi dunia bisnis perekonomian menjadi business intelligence atau ekonomi digital. Era industri yang selalu berevolusi membuat para profesi akuntan juga harus bertransformasi. Seperti saat ini banyak sekali software akuntansi bagus yang digunakan perusahaan – perusahaan untuk mengolah data mereka. Di era digital saat ini, software akuntansi telah mampu melakukan beragam tugas rumit yang di masa lalu hanya bisa dilakukan oleh profesi akuntan. Penggunaan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi telah memberikan peluang bagi perusahaan untuk melakukan fungsi akuntansi dengan lebih efektif dan efisien sehingga dapat menghemat waktu dan biaya yang signifikan, bahkan dapat mewujudkan paperless office.

Salah satu software yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan yaitu MYOB (manage your own business). Ada beberapa alasan yang menjadi keunggulannya, seperti mudah untuk digunakan. MYOB memiliki icon – icon serta description yang jelas untuk tiap fungsinya. Sehingga siapapun yang mungkin tidak mempelajari akuntansi tetap akan bisa menggunakan software MYOB ini.  Selain itu pengolahan perhitungan akuntansi yang akurat dan tepat. Penggunaan MYOB sangat membantu dalam hal efisiensi waktu dan juga kecepatan dari perhitungan akuntansi.

 

Namun menurut saya pribadi, terlepas dari banyaknya software akuntansi yang tersedia, kita juga harus memiliki hardskill maupun softskill untuk menunjang itu semua. Tidak hanya tergantung dengan teknologi saja. Kita harus mempunyai ilmu pengetahuan tentang akuntansi maupun terkait ekonomi dan bisnis. Maka dari itu, kita sebagai mahasiswa akuntansi penting untuk mempelajari ilmu nya dari dasar. Jadi tidak hanya mengandalkan teknologi saja, tetapi memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk memudahkan pekerjaan kita.

 

 

×
Berita Terbaru Update