Notification

×

Iklan

Iklan

Mengaitkan Konteks Realistik dengan Tuntutan Pembelajaran Abad 21, Dosen PGSD FKIP Uhamka Melakukan PKM

Senin, 08 Agustus 2022 | Senin, Agustus 08, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-08T03:34:00Z


Serambiupdate.com
- Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan sebuah kegiatan yang berjudul Workshop Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Online flipbook. Yang menjadi mitra dalam kegiatan PKM ini adalah SDN Pisangan 02 Banten dan SD Islam Ruhama Banten. Kegiatan PKM ini dilakukan selama 4, Selasa-Jum'at (26 -29/7).

 

Ketua Tim PKM, Puri Pramudiani yang juga merupakan dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan (FKIP) Uhamka, menyatakan bahwa kegiatan workshop ini merupakan komitmen dari tim PKM Uhamka untuk merealisasikan salah satu catur dharma perguruan tinggi di bidang pengabdian masyarakat dengan mitra SDN Pisangan 02 Banten dan SD Islam Ruhama Banten serta disupport oleh Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para peserta tentang bagaimana mendesain pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dikenal sebagai satu-satunya teori berbasis konstruktivisme dalam pembelajaran matematika yang dikembangkan di Belanda dan diadaptasi di Indonesia menjadi Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berbasis kearifan lokal budaya Indonesia.

 

Ima Mulyawati selaku narasumber, menyatakan bahwa pemilihan online flipbook merupakan salah satu alternatif media pembelajaran matematika realistik yang efektif dan efisien.

 

Online flipbook atau flipbook digital merupakan e-book dengan tampilan yang lebih menarik dan interaktif yang dapat dibalik dan diputar seperti halnya buku cetak namun dapat diakses secara online,” tutur Ima.

 

Selanjutnya, narasumber lainnya, Mia Kamayani menyatakan bahwa penggunaan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan bagian dari pembelajaran abad 21.

 

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)  merupakan bagian dari pembelajaran abad 21 yang menekankan kreativitas menjadi keterampilan yang sangat penting dimiliki oleh para pendidik maupun peserta didik,” ujar Mia.

×
Berita Terbaru Update