Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PG PAUD Uhamka Ikuti Asistensi Mengajar Program MBKM

Rabu, 03 Agustus 2022 | Rabu, Agustus 03, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-03T09:09:27Z


Serambiupdate.com
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) adalah salah satu program studi yang sukses meraih hibah pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Salah satu program kegiatan yang sudah terlaksana di PG PAUD adalah Asistensi Mengajar.  

 

Asistensi Mengajar dilaksanakan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal (ABA) 102 Cakung selama enam bulan. Kegiatan ini memberikan kesempatan pada mahasiswa PG PAUD mengimplementasikan pengetahuan yang sudah diperoleh selama perkuliahan dan melatih softskill mahasiswa dalam pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.

 

Setelah melalui proses seleksi dan wawancara, tiga orang mahasiswi terpilih untuk kegiatan ini, yaitu Riedha Silla Rizkya, Inggrit Surya Aditya, dan Arselia Meidinda Permadhy dari semester V. Kegiatan ini telah berlangsung selama semester ganjil tahun tahun ajaran 2021/2022. Kegiatan awal dimulai dengan menjadi guru pendamping di kelas-kelas yang sudah ditunjuk sambil mahasiswa melakukan pengenalan lingkungan sekolah dan mempelajari manajemen pengelolaan kelas. Selanjutnya mahasiswa juga diminta untuk merancang dan membuat Alat Permainan Edukatif yang akan dipergunakan oleh peserta didik di kelas.

 

Selama proses Asistensi Mengajar ini berlangsung, pembelajaran di TK ABA 102 Cakung dilaksanakan secara blended learning. Ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi mahasiswa Asistensi Mengajar untuk dapat merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak dengan menggunakan pendekatan daring dan juga tatap muka terbatas sekaligus praktek mengajar dilakukan mahasiswa.

 

“TK ABA 102 sangat terbantu dengan adanya kegiatan Asistensi Mengajar dengan mahasiswa PG-PAUD ini” ujar Faulia, Kepala Sekolah TK ABA 102 Cakung.

 

Lebih lanjut Faulia menyatakan bahwa mereka berharap program ini tidak hanya berhenti pada Asistensi Mengajar namun juga dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lainnya.

 

“Kami berharap Program MBKM PG PAUD Uhamka ini tidak hanya berhenti pada Asistensi Mengajar saja, tetapi juga dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lainnya dan melibatkan lebih banyak mahasiswa dan menghasilkan mahasiswa yang unggul sesuai dengan tagline #UHAMKAUnggul,” pesannya.

 

Salah satu mahasiswa, Arselia menyatakan bahwa ia dan rekannya dapat mempraktikkan pengetahuan dan mengasah keterampilan dalam mengajar.

 

“Kami banyak belajar dari TK ABA 102 selama enam bulan ini dan sekaligus kami dapat mempraktikkan pengetahuan dan mengasah keterampilan kami dalam mengajar” tuturnya dalam wawancana yang dilakukan via daring.

 

Sependapat dengan rekannya, Inggrid dan Riedha mengatakan bahwa mereka merasa senang sekaligus sedih ketika kegiatan ini berakhir.

 

“Senang sekaligus sedih saat kegiatan ini berakhir. Terlebih karena kami sudah sangat dekat dengan murid-murid dan orangtua yang ada di sekolah ini,” tambah Inggrid dan Riedha.

×
Berita Terbaru Update