Notification

×

Iklan

Iklan

Fakultas Psikologi Uhamka Melakukan Kegiatan Konseling Minat Bakat untuk Penentuan Jurusan dan Karir Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Depok

24 Agustus 2022 | Rabu, Agustus 24, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-24T02:02:15Z


Serambiupdate.com
- Tim Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) mengadakan Pengabdian masyarakat yaitu berupa kegiatan pemanfaatan konseling penelusuran bakat minat pada siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Depok. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 15 Juli 2022 untuk pelaksanaan tes penelusuran minat bakat, kemudian 22 Juli 2022 pemberian konseling, serta selanjutnya di 23 Agustus 2022 pelaksanaan webinar konseling kelompok penelusuran minat dan bakat siswa.

 

SMA Muhammadiya 4 Depok menjadi mitra karena penelusuran terkait kebutuhan siswa yang masih belum memahami potensi yang mereka miliki. Atas dasar tersebut kedua belah pihak menyetujuai diadakannya kegiatan konseling minat bakat yang bermanfaat bagi penelusuran jurusan dan karir siswa ke jenjang berikutnya.

 

Hasilnya berupa potensi kecerdasan, sikap kerja dalam belajar, kepribadian, dan minat penjurusan ke jenjang berikutnya, yang disampaikan dalam sesi kegiatan konseling. Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat memberikan gambaran kepada siswa mengenai potensi yang dimilikinya serta mengembangkan dirinya sesuai dengan minatnya.

Kegiatan konseling ini dilakukan oleh tiga orang dosen psikologi yaitu Mahesti Pertiw, Bahrudin, dan Anissa Rizky A serta seorang dosen bimbingan dan konseling Nurmawati kemudian dua mahasiswa fakultas psikologi yaitu Alieffiandi Agitama dan Yuniar Fairuza Putri.

Mahesti mengatakan jumlah siswa yang mengikuti kegiatan konseling ini berjumlah 20 orang dari kelas XII IPA dan IPS. Selanjutnya, untuk kegiatan webinar diikuti 15 siswa. Seluruh partisipan kooperatif, terlihat antusias dan semangat karena belum pernah melakukan konseling minat bakat sebelumnya. Mahesti berharap dengan adanya kegiatan ini, para siswa menjadi lebih paham potensi yang dimilikinya, serta lebih mantab dan menunjang dalam perencanaan karirnya di masa depan.

=