Notification

×

Iklan

Iklan

BKKBN Sebut Remaja Merupakan Garda Terdepan Ciptakan Generasi Tangguh Berkualitas

Rabu, 24 Agustus 2022 | Rabu, Agustus 24, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-24T00:53:22Z


Serambiupdate
- Badan Kependudukan dan Keluarga Nasional (BKKBN) menjelaskan bahwa remaja merupakan garda terdepan dalam menciptakan generasi bangsa yang tangguh serta berkualitas.


“Adik-adik kita ini adalah generasi muda sebagai penentu masa depan bangsa. Mereka yang akan melahirkan generasi berikutnya,” ujar Hasto Wardoyo selaku Kepala BKKBN di Hotel The Rich Yogyakarta.


Dalam Ajang Kreativitas Remaja Tingkat Nasional (Adujaknas) Tahun 2022, Hasto menegaskan bahwa mutu generasi bangsa di masa depan ditentukan oleh hal-hal positif yang dilakukan oleh remaja di masa kini.


"Para remaja kini sebagai penerus masa depan yang mempunyai tantangan berkompetisi secara global. Sehingga bukan hanya akal, hidup berencana terkhusus dalam membangun sebuah keluarga di masa depan untuk membentuk anak-anak yang bebas stunting, sehat, dan berdaya saing," tambahnya.


Hasto menyatakan di balik tantangan itu, Indonesia sedang berjuang melawan tiga persoalan utama pada remaja, yaitu banyaknya perkawinan anak dan maraknya seks bebas serta peyalahgunaan napza.


Menurutnya, jika ketiga hal itu bisa dicegah lewat pemberian pemahaman yang diselaraskan dengan situasi dan pendekatan yang benar, maka generasi unggul untuk Indonesia pasti bisa direalisasikan.


"Menjadi upaya nyata membentuk remaja tangguh dan berkualitas, BKKBN lewat forum GenRe (Generasi Berencana), menentukan figur pemuda berusia 16-22 tahun yang bakal dijadikan role model dan spoke person BKKBN," ucap Hasto.


Para Duta GenRe bakal membantu BKKBN dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang program generasi berencana, triad kesehatan reproduksi remaja meliputi seksualitas, HIV/AIDS, dan napza serta mendorong remaja guna menghadapi lima transisi kehidupan remaja dimulai dari meneruskan pendidikan, mendirikan karir, membina keluarga kecil bahagia sejahtera, mengimplementasikan pola hidup sehat, serta bersosialisasi dengan masyarakat.


“Mereka sudah mengikrarkan tekadnya guna membangun generasi yang hebat nan kuat,” pungkasnya.


(ADP)


×
Berita Terbaru Update