Notification

×

Iklan

Iklan

Akankah Posisi Akuntan Tergantikan Oleh Kemajuan Teknologi ?

Kamis, 04 Agustus 2022 | Kamis, Agustus 04, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-04T02:26:00Z

  


Oleh : Alifia Febriyanti Rahman

Mahasiswa FEB Uhamka

  

Dalam era sekarang ini yang semakin maju, kemajuan teknologi tidak dapat kita hindari. Apalagi dalam era bisnis global, kemajuan teknologi seperti robot, komputerisasi, informasi, dan lainnya yang berbau otomatisasi telah memudahkan siapapun bahkan perusahaan untuk mendapatkan hasil dalam waktu yang singkat dan dengan biaya yang murah. Sehingga membuat penggunaan tenaga kerja manusia beralih pada penggunaan teknologi yang semakin hari semakin canggih. Karena teknologi bisa beroperasi selama 24/7 sehingga memungkin perusahaan untuk memperoleh laba yang lebih besar dan cepat. Lalu akankan posisi akuntan tergantikan oleh kemajuan teknologi ?

 

Dalam dunia bisnis, akuntansi memberikan kontribusi yang besar untuk memajukan perusahaan. Seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini sudah banyak implementasi teknologi dalam bidang akuntansi seperti Activity Based Coasting (ABC) yaitu teknologi yang diterapkan untuk mengolah informasi biaya sehingga dapat memberikan kejelasan mengenai sumber atau penyebab dari pos-pos biaya secara cepat dan terorganisir. Sehingga dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih, membuat banyak perusahaan menginginkan adanya perkembangan bahkan perubahan terhadap kegiatan akuntansi yang inovatif seperti dapat menyajikan informasi keuangan yang relevan, lengkap, tepat waktu, dan mudah dipahami agar perusahaan mudah dalam mengambil keputusan. Hal ini karena perusahaan ingin menjuarai persaingan dalam bisnis global saat ini. Selain itu, bisa mengurangi beban gaji bahkkan bisa meningkatkan laba untuk perusahaan.

 

Dengan adanya kemajuan teknologi terjadinya peningkatan dalam pelaksanaan tata cara akuntansi. Pada masa sebelum adanya teknologi, sistem akuntansi dilakukan secara manual diatas kertas dan itu memakan waktu. Sedangkan dengan adanya kemajuan teknologi, sistem akuntansi dilakukan dengan waktu yang singkat dan efektif karena seorang akuntan hanya perlu memasukkan data transaksi kemudian akan dikerjakan oleh sistem secara otomatis, mulai dari pengumpulan informasi sampai penyajian laporan keuangan sehingga menjadi lebih efisien bagi perusahaan dalam mengambil keputusan. Tetapi dengan adanya kemajuan teknologi, tidak sepenuhnya menggantikan peran seorang akuntan. Sri Handayani memaparkan peran utama akuntan yang setidaknya memiliki 5 fungsi terdiri atas fungsi validasi, analisis, rekonsiliasi, evaluasi, dan fungsi rekomendasi. Rabu (19/1)

 

Jadi, jawabannya adalah peran akuntan tidak akan bisa digantikan oleh teknologi atau sistem komputer. Karena kemajuan teknologi bukan penghalang bagi seorang akuntan, justru kemajuan teknologi dan seorang akuntan harus bisa berevolusi bersama. Karena kemajuan teknologi merupakan temuan inovatif yang dapat memajukan sistem akuntansi menjadi lebih fleksibel, efisien, dan dengan waktu yang singkat. Dengan begitu, para akuntan harus bisa memodernkan pikiran mereka serta akuntan perlu terus belajar untuk mengembangkan keterampilan profesionalnya, karena dalam persaingan bisnis menuntut akuntan untuk selalu berkreasi dan berinovasi dalam mengambil strategi dan hal itulah yang tidak dapat digantikan oleh teknologi. Sehingga, peran akuntan tidak akan tergantikan karena teknologi digunakan hanya sebagai pelengkap untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menyelesaikan pekerjaan, akan tetapi critical thinking dan judgment serta kemampuan menganalisa tetap ada pada diri manusia dan itu merupakan domain manusia yang tidak bisa digantikan oleh teknologi.

 

 

×
Berita Terbaru Update