Notification

×

Iklan

Iklan

Uhamka Beri Pendampingan Pencegahan Perilaku Seks Pranikah Dalam Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Kamis, 28 Juli 2022 | Kamis, Juli 28, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-28T02:13:55Z


Serambiupdate.com Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bertema Pendampingan Pencegahan Perilaku Seks Pranikah Dalam Menjaga Kesehatan Mental Remaja di PC IPM (Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Cileungsi Bogor pada 27 Maret, 3 dan 17 Juli 2022 secara luring dan daring. Acara ini dipandu oleh Candra Ditia dan Fradiska selaku moderator.

 

Menurut Novi Andayani Praptiningsih, Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk antisipasi secara cerdas agar para kader PC IMM Cileungsi Bogot tak terperangkap pola perilaku seks pranikah dan seks bebas di kalangan remaja, khususnya kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

 

Pendidikan seks merupakan pendidikan pencegahan dalam perilaku seks pranikah maupun kelainan seksual pada remaja. Pendidikan seks khususnya bagi remaja lebih menekankkan pada bagaimana hubungan yang positif terhadap lawan jenis, sehingga tidak terjebak pada perilaku seks pranikah. Peran orang tua dan guru merupakan kunci  dari kesuksesan remaja melewati masa remaja yang penuh gejolak karena rasa penasaran serta keingintahuan yang tak terarah”, pungkas Novi.

 

 

Di lain hal, Sarah Handayani menyatakan bahwa mitra sasaran belum pernah memperoleh sosialisasi terkait pemahaman mengenai dampak yang ditimbulkan perilaku seks bebas serta pengetahuan upaya pencegah perilaku seks pranikah dan bahayanya bagi kesehatan mental.

 

 

“Hal ini lah yang memunculkan gagasan tim Pengabdian Masyarakat Uhamka untuk bergerak melakukan pendampingan,” lanjut Sarah.

×
Berita Terbaru Update