Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Berbahasa Inggris, Tim Dosen Bahasa Inggris FKIP Uhamka Kenalkan Aplikasi Flipgrid

Minggu, 24 Juli 2022 | Minggu, Juli 24, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-24T12:32:19Z


Serambiupdate.com
- Tim dosen yang berlatar belakang dari Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  dan dosen Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) bekerjasama dengan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka dan Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Selatan mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu Pelatihan Penggunaan Flipgrid dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris bagi Guru Muhammadiyah se-Jakarta Selatan, Sabtu (23/7).


Kegiatan ini turut dihadiri oleh Yurianto selaku Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Selatan, Isa Faqihuddin Hanif selaku Dosen Teknik Informatika dan Tri Wintolo Apoko selaku narasumber sekaligus dosen Bahasa Inggris FKIP Uhamka, 30 guru mata pelajaran Bahasa Inggris mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dan Mualimien Muhammadiyah se-Jakarta Selatan, Bojonggede, dan Pamulang yang menjadi peserta.


Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan aplikasi Flipgrid kepada para guru dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris peserta didik. 


Yurianto selaku Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Selatan mengatakan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris bagi guru dan peserta didik sangat penting karena seluruh masyarakat di dunia menggunakan Bahasa Inggris untuk berbagai tujuan.


"Saya mendorong semua guru agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan membawa bekal pelatihan ini bagi peserta didik di sekolah masing-masing, terutama dalam pembelajaran Bahasa Inggris," tutur Yurianto.


Sementara itu, Isa Faqihuddin Hanif selaku dosen Teknik Informatika FT Uhamka menyampaikan, pembelajaran berbasis Blended Learning memberikan suatu wawasan yang lebih mendalam terkait penerapan model-model pembelajaran inovatif.


"Melalui pembelajaran Blended Learning ini memang diharapkan siswa tidak sekedar menghafal dan memahami saja, namun siswa juga dapat mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta sesuatu melalui aktifitas berpikir kritis dan kreatifnya," ujar Isa.


Selanjutnya, Tri Wintolo Apoko selaku dosen Bahasa Inggris FKIP Uhamka membahas pemanfaatan aplikasi Flipgrid dalam pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris. Ia juga menyampaikan, pentingnya keterampilan berbicara bagi peserta didik serta masalah-masalah yang muncul ketika peserta didik belajar berbicara Bahasa Inggris di kelas


"Flipgrid ini merupakan alat komunikasi diskusi berbasis pada video online yang dapat diakses secara gratis oleh guru dan peserta didik untuk keperluan interaksi pembelajaran Bahasa. Flipgrid ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dalam berbicara bahasa Inggris sekaligus menurunkan tingkat kecemasan berbicara peserta didik," jelas Tri.

×
Berita Terbaru Update