Notification

×

Iklan

Iklan

Tim PKM FPsi Uhamka Gelar Penelusuran Minat Bakat di SMA Muhammadiyah 4 Depok

Rabu, 27 Juli 2022 | Rabu, Juli 27, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-27T02:33:54Z


Serambiupdate.com Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamkamengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) berupa penelusuran bakat minat pada siswa SMA Muhammadiyah 4 Depok. Kegiatan abdimas ini berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 15 Juli 2022 untuk pelaksanaan penelusuran minat bakat dan bulan Agustus 2022 mendatang untuk pelaksanaan webinar mengenai penelusuran minat dan bakat.

 

Kegiatan asesmen psikologis ini dilakukan oleh tiga orang dosen psikologi Anissa Rizky Andriany, Lila Pratiwi, dan Ajheng Mulamukti. Kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen program studi pendidikan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka yaitu Doni Darma Sagita, beserta dua orang mahasiswa Psikologi Uhamka, yaitu Firhan Zahira dan Fadhilah Hadi Putri.

 

Anissa berharap kegiatan ini akan mengembangkan pemahaman dari para peserta akan minat dan bakat untuk perencanaan pendidikan di masa depan.

 

“Partisipan asesmen psikologis ini berjumlah 33 siswa, siswa kelas X. Seluruh partisipan cukup kooperatif, terlihat antusias karena belum memahami minat dan bakat mereka sepenuhnya. Semoga dengan adanya penelusuran minat bakat ini serta webinar di Agustus mendatang, partisipan menjadi lebih paham apa minat dan bakatnya serta bagaimana perencanaan pendidikan mereka di masa depan.” terangnya.

 

 

Hasil dari asesmen psikologi ini berisikan informasi mengenai intelegensi (kemampuan kognitif) berupa kategori skor IQ, sikap belajar, kepribadian, bakat dan minat serta penjurusan siswa di jenjang SMA maupun Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada siswa dan pengajar mengenai potensi yang dimiliki oleh para siswa dan sejauh apa eksplorasi harus dilakukan guna mendukung pendidikan, penjurusan, dan pemilihan karier siswa di kemudian hari.

×
Berita Terbaru Update