Notification

×

Iklan

Iklan

Tercatat Gempa, Pendidikan Miitigasi Mulai di Galakkan Di Sekolah

Selasa, 05 Juli 2022 | Selasa, Juli 05, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-05T06:23:38Z


Serambiupdate.com Pendidikan mitigasi bencana harus diadakan di Sulawesi Barat karena daerah tersebut sering terjadi bencana. Sulawesi Barat harus memberikan pendidikan mitigasi bencana kepada warga. Penerapan mitigasi bencana perlu ditanamkan kepada setiap sekolah agar mengurangi jumlah korban jiwa, salah satunya adalah anak-anak.

Pendidikan mitigasi bencana tersebut dapat berupa peningkatan pengetahuan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Siswa akan diajarkan mengenai cara menyelamatkan diri dan akan diajarkan mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya bencana yang terjadi karena ulah manusia seperti banjir dan longsor.


Tindakan yang dapat dilakukan adalah tidak membuang sampah sembarangan dan memelihara hutan dengan tidak menebang pohon sembarangan. Seelain itu juga berupa pelajaran pendidikan karakter, empati, dan tolong menolong saat terjadi bencana. Sehingga bukan hanya menyelamatkan diri saja, tapi juga menyelamatkan orang disekitarnya.


”Menurut saya tindakan ini efektif untuk menyadarkan warga akan bencana. Siswa adalah jalur cepat untuk diberikan ilmu kemudian disosialisasikakn kepada anggota keluarga. Karena itu, dibutuhkan memperbanyak sosialisasi mitigasi bencana di sekolah. Sehingga, akan semakin banyak orang yang sadar tentang bencana,” ucap Daryono selaku Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Sulawesi Barat.

DYL

×
Berita Terbaru Update