Notification

×

Iklan

Iklan

Strategi Mengelola Keuangan

Sabtu, 16 Juli 2022 | Sabtu, Juli 16, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-16T02:30:00Z

  


Oleh : Elya Rachma

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Dengan adanya pandemi Covid-19, pemerintah mengimbau semua orang untuk menghentikan kegiatan di luar rumah dan melakukan kegiatannya dari rumah atau online. Fasilitas yang ada seperti sekolah, tempat wisata, pertokoan, restoran, dan semua aktivitas yang ada di luar rumah dihentikan untuk mencegah cepatnya sebaran virus Covid-19.

Pandemi ini tentunya sudah membuat banyak orang memikirkan kembali bagaimana cara mereka mengelola keuangan pribadi. Apalagi bagi mereka yang sudah memiliki keluarga dan berpenghasilan menengah. Di saat seperti ini pasti akan berdampak pada masalah keuangan bagi banyak orang. Hal-hal yang tidak baik bisa saja terjadi mulai dari usaha yang bangkrut, PHK, maupun pemotongan gaji. Dampaknya keuangan pun bisa jadi memburuk dan juga bisa merusak perencanaan keuangan yang sudah dibuat sebelumnya.

Lantas bagaimana sih caranya mengelola keuangan disaat keuangan sedang memburuk?

Kita bisa mempersiapkan tabungan karena tabungan akan berguna ketika kita kehilangan penghasilan karena PHK dan hal lainnya, juga bisa memberi kita ketenangan yang sangat kita butuhkan di tengah situasi pandemi Covid-19. Selain itu, simpan dana darurat pada tabungan yang terpisah jika belum dilakukan dalam 3-6 bulan terakhir. Kemudian prioritaskanlah kebutuhan utama terlebih dahulu dan hentikan pengeluaran yang sekiranya tidak penting dan tidak benar-benar dibutuhkan dalam waktu singkat. Cara mengelola keuangan berikutnya bisa dengan menghindari pembelian dengan sistem cicilan. Kemudian, jangan lupa untuk mengalokasikan tabungan, asuransi, dan investasi yang akan digunakan untuk keperluan selain kebutuhan rutin.

Pada masa pandemi sekarang ini, keamanan finansial sangat perlu diperhatikan dan sudah menjadi prioritas bagi banyak orang. Berbelanjalah lebih hati-hati selama pandemic, harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dengan berhemat bisa menjadi kunci sukses dalam menghadapi ketidakpastian di masa pandemi.

×
Berita Terbaru Update