Notification

×

Iklan

Iklan

Profesi Akuntan Diera Digital

Selasa, 12 Juli 2022 | Selasa, Juli 12, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-12T02:22:00Z

  



Oleh :  Aulia Apriliani

Mahasiswa FEB Uhamka

 


Tugas seorang akuntan yang kita ketahui adalah bertugas mengawasi, menghitung, dan membuat laporan keuangan suatu lembaga atau perusahaan tempatnya bekerja. Profesi akuntan sebagai suatu pekerjaan yang menggunakan keahlian di bidang akuntansi. Menjadi seorang akuntan harus memenuhi kode etik profesi dan bertindak sesuai standar akuntansi Indonesia.

Menurut data statistik dari Biro Tenaga Kerja Amerika, rata-rata pemasukan seorang akuntan hingga $65.940 per tahun. Ini tergantung bidang, lokasi, jam kerja, dan pengalaman kerja. Dengan gaji yang cukup besar seorang akuntan perlu memiliki keterampilan tidak hanya menyusun, mengelola, dan menyajikan data secara manual. Tetapi, seorang akuntan harus bisa mengikuti perkembangan zaman dimana pada saat ini sudah masuk era digital.

Pada saat ini ada beberapa profesi sudah digantikan oleh sebuah alat komputer pintar, dimana  manusia atau profesi tersebut tidak lagi dibutuhkan. Ini dikarenakan lebih efesiensi tenaga komputer pintar dibandingkan tenaga manusia. Seorang akuntan supaya tidak lenyap karena perkembangana zaman, kita sebagai seorang akuntan harus memiliki keterampilan dalam menggukana aplikasi berbasis digital. Ini juga sangat bermanfaat untuk memudahkan pengerjaan seorang akuntan agar lebih mudah untuk mengelola dan menyajikan data.

Untuk mempertahankan profesi akuntan, kita harus memiliki keterampilan dan mengikuti perkembangan zaman. Dengan kecanggihan diera digital seorang akuntan harus tetap memenuhi kode etik profesi dan bertindak sesuai standar akuntasi Indonesia.

×
Berita Terbaru Update