Notification

×

Iklan

Iklan

Penggunaan Google Meet dalam Pendidikan

Selasa, 19 Juli 2022 | Selasa, Juli 19, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-19T01:30:00Z

 



Oleh: Tasya Salsabila Mujahidah 

Mahasiswa FKIP Uhamka


Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar “ Pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh atau dirumah”? Ya, beberapa orang langsung memikirkan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Salah satunya yaitu Google Meet. Google meet merupakan sebuah aplikasi video conference atau bisa juga disebut sebagai meeting online. Google Meet merupakan salah satu produk buatan Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi Google Meet merupakan salah satu dari dua aplikasi dengan versi terbaru yang mana versi sebelumnya adalah Google Chat dan Google Hangouts. 

Pada bulan Oktober tahun 2019 lalu, pihak Google sudah memberhentikan versi klasik dari Google Hangouts. Pada bulan Februari tahun 2017 lalu, Google Meet dirilis hanya untuk pengguna iOS yang dilakukan secara diam – diam. Namun, pada bulan berikutnya pihak Google secara resmi meluncurkan aplikasi Google Meet. Layanan komunikasi yang digunakan sebagai aplikasi konferensi video dapat ditonton sampai 30 peserta.  Berikut ada beberapa Kelebihan Aplikasi dari Google Meet yaitu sebagait berikut: 

Pertama, Adanya fitur WhiteBoard

 Kelebihan pertama dari Google Meet adalah adanya fitur White board. Dimana Peserta Didik bisa membuat tulisan dan kata-kata dalam fitur white board tersebut. Sekarang white board lebih sering digunakan dalam hal pendidikan dan saat menerangkan. Kelebihan white board ini bisa digunakan untuk sarana penjelasan berupa gambar atau angka. Yang sulit dijelaskan dengan menggunakan lisan. Maka Google Meet memudahkan para penggunannya. 


Kedua, Tersedia Gratis

  Sekarang Google Meet memberikan kebebasan untuk menginstall aplikasi ini.Sudah tersedia secara gratis dan bisa di unduh di Playstore atau app store bagi pengguna ios. Google Meet ingin membuktikan bahwa layanannya lebih bagus dibanding dengan video conference yang lain. 

Ketiga, Tampilan video yang HD dan suport resolusi lain

Kelebihan Google Meet ketiga adalah tampilan yang disedikan sudah HD (High Definition) dan juga bisa menyediakan resolusi yang terdapat pada smartphone. Sehingga tampilan menjadi lebih jernih. 

Sejak adanya pandemi covid-19 ini mulai meningkat, sekolah atau universitas tidak lagi melakukan aktivitas seperti biasa, karena pemerintah memberlakukan sistem di rumah saja, salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan teknologi jaringan dan informasi bagi system pembelajaran seperti dengan mengguanakan aplikasi zoom meeting, google meet dan masih banyak jenis aplikasi virtual meet lainnya. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi ini diharapkan mampu digunakan untuk menjadi penunjang didalam terselenggaranya proses belajar mengajar secara jarak jauh.



×
Berita Terbaru Update