Notification

×

Iklan

Iklan

Investasi Jangka Panjang Untuk Generasi Z

Minggu, 31 Juli 2022 | Minggu, Juli 31, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-31T04:21:39Z

  


Oleh : Diah Puspitasari

Mahasiswa FEB Uhamka

Generasi Milenial atau yang biasa kita sebut generasi Z, dikenal sebagai generasi yang aktif mengikuti perkembangan zaman salah satunya perkembangan teknologi. Generasi ini senang bergaul, dan suka berbagi pengalaman mereka di media sosialnya. Tujuannya agar terlihat keren dan menarik di media sosial, karena mengikuti perkembangan-perkembangan baru, baik itu dengan berkunjung ke tempat wisata atau cafe yang lagi viral. Tanpa disadari, gaya hidup seperti ini mengakibatkan keuangan yang sulit, karena banyaknya pengeluaran dibanding pemasukan. Agar terhindar dari kesulitan kita sebagai generasi milenial harus bisa menyisihkan pendapatan kita untuk hal yang lebih penting dan berguna, salah satunya bisa dengan berinvestasi.

Banyak macam investasi yang diminati oleh anak muda zaman sekarang, karena banyak dari mereka yang sudah memahami betul betapa pentingnya sebuah investasi untuk jangka panjang. Kita bisa melakukan investasi di usia muda agar mendapatkan keuntungan untuk hari tua nanti atau bisa kita sebut juga penanaman modal untuk hari tua. Bagi anak muda yang menyukai tantangan, saham dan reksadana dapat menjadi pilihan investasi jangka panjang. Namun, harus dipastikan terlebih dahulu informasi mengenai data tersebut harus sudah cukup jelas agar terhindar dari kerugian yang besar. Sudah banyak aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk berinvestasi, dan menawarkan strategi investasi yang cukup baik dengan fitur-fitur yang menarik, tetapi kita harus tetap berhati-hati dalam memilihnya.

Investasi sejak usia muda memanglah baik, namun banyak kesalahan yang kerap dilakukan oleh anak muda karena mereka tidak memiliki tujuan yang jelas bahkan minim pengetahuan tentang investasi, sehingga gagal dalam mengelola keuangan. Banyaknya pengeluaran dan tidak memiliki target juga bisa berdampak buruk bagi investasi. Oleh karena itu, generasi milenial perlu mempersiapkan perencanaan keuangan yang betul-betul matang untuk jangka panjang. Caranya dengan mempelajari ilmu yang berkaitan dengan investasi, mencari informasi dari berbagai macam sumber, dan terus belajar mengenai investasi itu sendiri. Agar segala bentuk hal negatif yang mungkin saja bisa terjadi, dapat diminimalisir sehingga memudahkan kita untuk berinvestasi kedepannya.

×
Berita Terbaru Update