Notification

×

Iklan

Iklan

Berkah Bergotong Royong, Uhamka Salurkan dan Sembelih 36 Hewan Kurban

Senin, 11 Juli 2022 | Senin, Juli 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-11T16:02:10Z


Serambiupdate.com
- Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) sebagai kampus Islam terbaik dan terakreditasi Unggul turut selenggarakan penyembelihan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka yang dihimpun oleh Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Uhamka, Senin (11/7).


Sebelumnya, telah dilaksanakan pula penyembelihan hewan kurban di beberapa lokasi, yaitu di Fakultas Kedokteran (FK) Uhamka, Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Uhamka, dan puncaknya dilaksanakan di FKIP Uhamka dengan jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak 19 ekor diantaranya 10 ekor sapi dan 9 ekor kambing.


Semenjak sepekan lalu, Lazismu Uhamka telah mengirimkan hewan kurban ke daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) sebanyak 17 ekor diantaranya 3 ekor sapi dan 14 ekor kambing ke daerah Desa Nule Kabupaten Alor NTT, Bima NTB, Lewiliang, Citayem, dan Banten. Dengan demikian, Uhamka melalui Lazismu Uhamka telah menghimpun hewan kurban sebanyak 36 ekor.


Kegiatan penyembelihan yang terlaksana di FKIP Uhamka dihadiri oleh Bunyamin selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka, Nandi Rahman selaku kepala kantor Lazismu Uhamka yang didampingi oleh Eko Susanto selaku Sekretaris dan Wahidin selaku Bendahara, Purwidianto selaku ketua panitia kurban, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Dekan IV FKIP Uhamka, Muhib Rosyidi selaku Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam Kemuhammadiyahan (LPP AIK) Uhamka bersama tim, Irwan Baadila selaku ketua UPT Rumah Susun Sewa Mahasiswa (Rusunawa) Uhamka yang ditemani Zamimar, Rohmani, dan tim Rusunawa, serta panitia kurban yang turut hadir berkontribusi dalam membantu mencacah serta membagikan hewan kurban.


Bunyamin selaku Warek IV Uhamka mengungkapkan terimakasih kepada pengkurban yang telah mengamanahkan hewan kurbannya kepada Lazismu Uhamka sebagai lembaga yang mengelola pelaksanaan kurban tahun ini. Ia pun berharap kurban yang disalurkan kepada masyarakat di Desa Nule dapat bermanfaat dan membawa keberkahan. 


“Terima kasih tak terhingga kepada para pengkurban yang telah mengamanahkan melalui Lazismu Uhamka. Keseluruhan hewan sembelihan yang telah dihimpun adalah 10 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Selain itu ada 3 ekor sapi dan 14 kambing yang telah disalurkan ke saudara-saudara kita di wilayah 3T. Insya Allah membawa keberkahan untuk kita semua,” ujar Bunyamin.


Di lain hal, Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 ini memberikan pengaruh yang kuat dalam berbagai aspek kehidupan, namun ia bersyukur spirit dan tekat umat muslim tetap terjalin dalam pelaksanaan ibadah kurban tahun ini sehingga Uhamka dapat melaksanakan kurban kembali walaupun tidak sebanyak tahun sebelumnya. 


“Alhamdulillah, atas izin dan rahmat Allah SWT kita dapat berkumpul melaksanakan rangkaian ibadah di hari raya Iduladha 1443 H diantaranya menyembelih hewan kurban. Memang kita masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang berdampak pada kehidupan kita, salah satunya adalah ekonomi. Walaupun demikian, Alhamdulillah atas spirit dan tekat yang terjalin kuat sehingga pelaksanakan ibadah kurban tahun ini dapat terlaksana dengan jumlah yang kurang begitu banyak jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Semoga dengan jumlah hewan kurban saat ini dapat membawa keberkahan kepada kita semua khususnya yang berkurban,” tutur Desvian. 

×
Berita Terbaru Update