Notification

×

Iklan

Iklan

Berikan Bekal Budaya Jepang, Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka Adakan PKM di Pulau Pari

Rabu, 27 Juli 2022 | Rabu, Juli 27, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-27T08:22:11Z


Serambiupdate.com
- Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA Uhamka bersama Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka mengadakan pengabdian masyarakat untuk memberikan pembekalan bahasa dan budaya Jepang kepada masyarakat terutama para pemuda di Pulau Pari yang dilaksanakan pada Jum’at-Sabtu (22-23/7).

 

Kegiatan ini diketuai oleh Rita Agustina Karnawati selaku dosen Basaha Jepang FKIP Uhamka, Yuni Masrokhah selaku Basaha Jepang FKIP Uhamka dan Ayu Putri Seruni sebagai anggota. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan pembekalan bahasa dan budaya Jepang , sehingga mereka memiliki bekal dalam memandu wisatawan yang berasal dari Jepang.

 

Materi yang diberikan berupa bahasa Jepang dasar yaitu salam, cara berkenalan, dan hitungan . Selain itu dikenalkan pula budaya Jepang mengenai Ojigi (sikap membungkukkan diri) ketika berkenalan dalam bahasa Jepang. Hal ini dilakukan karena banyak wisatawan yang datang ke Pulau Pari baik wisatawan lokal,nasional  maupun internasional.


Rita Agustina Karnawati  sebagai dosen dan sekaligus ketua dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini mendorong masyarakat pulau pari memiliki kemampuan Bahasa Jepang agar wisatawan Jepang semakin banyak ke pulau Pari tanpa kesulitan komunikasi. Ia menambahkan, prodi Bahasa Jepang FKIP Uhamka ingin berpartisipasi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Jepang bagi pemandu wisata di Pulau Pari.


Pulau Pari merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang apabila sumber daya manusianya memiliki kompetensi berbahasa asing  yang baik, maka akan semakin menarik wisatawan asing terutama wisatawan Jepang,” ujar Rita.


Muhammad Alimudin atau biasa dipanggil Ali selaku mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Uhamka yang juga sebagai pemandu wisata di Pulau Pari mengatakan bahwa program kegiatan sangat baik dilakukan sebagai peningkatan wisata di pulau pari. Tahun ini Ali mendapatkan penghargaan sebagai pemenang bidang Lingkungan dan Pariwisata dalam Apresiasi Pemuda Berprestasi dan Inspiratif Tahun 2022 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.


“Mereka semangat dan antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Bahkan kegiatan ini dihadiri dan diikuti juga oleh Ketua dan sekretaris RT Desa Satu Atap,” tutur Ali.


×
Berita Terbaru Update