Notification

×

Iklan

Iklan

Bantu Kenali Minat Bakat Diri, Fakultas Psikologi Uhamka Melakukan Kegiatan Konseling untuk Penentuan Jurusan dan Karir Siswa

Rabu, 27 Juli 2022 | Rabu, Juli 27, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-27T03:43:39Z


Serambiupdate.com
Tim dosen dan mahasiswa FakultasPsikologi Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) bersama Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu berupa kegiatan pemanfaatan konseling penelusuran bakat minat pada siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Depok.

 

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 15 Juli 2022 untuk pelaksanaan tes penelusuran minat bakat, kemudian 23 Juli 2022 pemberian konseling, serta selanjutnya di bulan Agustus 2022 mendatang untuk pelaksanaan webinar konseling kelompok penelusuran minat dan bakat siswa.

 

Kegiatan konseling ini dilakukan oleh tiga orang dosen psikologi yaitu Mahesti Pertiwi, Bahrudin, dan Anissa Rizky A, serta seorang dosen bimbingan dan konseling Nurmawati kemudian dua mahasiswa Fakultas Psikologi yaitu Alieffiandi Agitama dan Yuniar Fairuza Putri.

 

SMA Muhammadiya 4 Depok menjadi mitra karena penelusuran terkait kebutuhan siswa yang masih belum memahami potensi yang mereka miliki. Atas dasar tersebut kedua belah pihak menyetujui diadakannya kegiatan konseling minat bakat yang bermanfaat bagi penelusuran jurusan dan karir siswa ke jenjang berikutnya.

 

Mahesti selaku dosen Fakultas Psikolog Uhamka sekaligus Psikolog mengatakan jumlah partisipan kegiatan konseling ini berjumlah 20 orang dari kelas XII IPA dan IPS. Seluruh partisipan kooperatif, terlihat antusias dan semangat karena belum pernah melakukan konseling minat bakat sebelumnya. Mahesti berharap dengan adanya kegiatan ini, para siswa menjadi lebih paham potensi yang dimilikinya, serta lebih mantab dan menunjang dalam perencanaan karirnya di masa depan.

 

“Hasil dari kegiatan ini berupa potensi kecerdasan, sikap kerja dalam belajar, kepribadian, dan minat penjurusan ke jenjang berikutnya, yang disampaikan dalam sesi kegiatan konseling. Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat memberikan gambaran kepada siswa mengenai potensi yang dimilikinya serta mengembangkan dirinya sesuai dengan minatnya,” tutur Mahesti.

×
Berita Terbaru Update