Notification

×

Iklan

Iklan

Warisan Budaya Jalur Rempah Usul Dari Kementerian Pendidikan

Jumat, 10 Juni 2022 | Jumat, Juni 10, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-10T01:53:03Z


Serambiupdate.com Restu Gunawan selaku Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Restu Gunawan menyampaikan pihaknya akan mengutarakan terkait Jalur Rempah sebagai warisan budaya dunia pada 2024.

“Sebagai warisan budaya dunia di tahun 2024, kami akan usulkan jalur rempah. Bukan menyontek dari China yang sudah punya Jalur Sutera, tetapi kita memang sudah memiliki potensi,” ujar Restu.


Ia menambahkan bahwa jalur Rempah tidak akan kalah jika dibandingkan dengan jalur Sutera untuk kebudayaan. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan akan mencoba usulkan Jalur Rempah sebagai warisan budaya dunia untuk kategori jalur.


“Kategori ini lebih rumit, akan berhubungan dengan konektivitas pelabuhan Banda, Ternate, Tidore, Makassar, Surabaya. Ini semua berdasarkan riset karena berbasis pada bukti. Bukan sekadar katanya,” ujarnya.


Riset yang dilakukan dari jalur remlah tersebut melalui konektivitas, kesenian maupun peninggalan. Dan bermulai di Pantai Utara Jawa, Banjarmasin, Aceh, dan lainnya.


“Semua tergantung pada peniliti karena riset yang dibutuhkan memilihi usaha yang tidak ringan. Walaupun sebenarnya kami ingin melibatkan negara lain, karena Jalur Rempah itu dari Banda ke Malaka, India, Mesir, Damaskus, hingga ke Eropa. Dan sebelum jalur ke Afrika dan China,” kata dia.

DYL

×
Berita Terbaru Update