Notification

×

Iklan

Iklan

Ukrida Gandeng Binus University Sediakan Ruang Anak Berkebutuhan Khusus

Senin, 27 Juni 2022 | Senin, Juni 27, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-27T06:00:00Z


Serambiupdate.com
Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) melalui Ukrida Science Center (USC), dan Binus University melalui Tim Dosen jurusan Sistem Komputer dan jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) membentuk kerja sama untuk menyusun dan merealisasikan ruang bagi anak berkebutuhan khusus.


“Mudah-mudahan anak berkebutuhan khusus terutama down syndrome bisa melakukan kegiatan yang dapat merangsang dan melatih aspek kognitifnya,” ujar Dr. dr. Wani Devita Gunardi, Sp.MK (K) selaku Rektor Ukrida dalam acara peresmian di lingkungan Kampus Ukrida, Jakarta. Turut hadir pula Rektor Ukrida  dan Prof. Tirta Nugraha Mursitama selaku Vice Rector Research and Technology Transfer BINUS University, serta perwakilan civitas akademika dari kedua kampus.


Wani menambahkan, Ukrida mengapresiasi setinggi-tingginya ini merupakan kerja sama yang sangat bermakna karena menggabungkan keunggulan masing-masing.


“Saya terkesan ketika melihat peluncuran ruang ini di Youtube, anak-anak berkebutuhan khusus terlihat senang bermain di ruang simulasi tersebut, dan pastinya itu mempengaruhi anak-anak dalam batas kemampuannya. Produk inovatif ini berjudul Affordable Technology for Empowering Society ini mendorong kita menjadi akademisi agar meningkatkan kontribusi bagi masyarakat. Saya harap, kerja sama ini dapat berlanjut menciptakan inovasi yang menjadi Corporate Social Responsibility melalui karya bersama,” imbuhnya.


Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor Binus University mengungkapkan bahwa ini merupakan suatu kebanggaan bagi BINUS University bisa bekerja sama dengan dosen dan peneliti Ukrida dalam mengimplementasikan salah satu dari Tridharma perguruan tinggi, yaitu penelitian.


“Bagi BINUS University sendiri, hal ini menjadi salah satu prioritas agar keilmuan bisa menciptakan inovasi dan memberdayakan masyarakat,” ujarnya.


Ketertarikan BINUS University untuk bekerja sama dengan Ukrida dimulai dari relasi antar dosen peneliti dengan timnya.


“Potensi untuk bersinergi dan kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat memadukan kedua institusi ini untuk bekerja sama” kata Prof. Tirta Nugraha Mursitama selaku Vice Rector Research and Technology Transfer BINUS University.


Tirta mengucapkan apresiasi atas kerja sama keunggulan para peneliti dari kedua institusi. Meskipun rencana tidak selalu berjalan dengan mulus tapi ia percaya bahwa kolaborasi ini bukan sebuah kebetulan semata.


“Bekerja sama dalam penciptaan inovasi ini merupakan langkah awal yang sangat baik dengan memenuhi kebutuhan masyarakat, dan menyediakan ruang interaktif bagi anak-anak penderita down syndrome,” imbuhnya.


Menurut Prof. Tirta, program ini akan melibatkan pihak ketiga, seperti sekolah, pemerintah, perusahaan, serta masyarakat.

(ADP)
×
Berita Terbaru Update