Notification

×

Iklan

Iklan

Penggunaan AC dapat Meningkatkan Pemanasan Global, Apakah Benar?

Rabu, 29 Juni 2022 | Rabu, Juni 29, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-29T02:45:00Z

 



Oleh : Faddila Dwiyanti

Mahasiswa FKIP Uhamka


Global warning atau yang sering disebut dengan pemanasan global merupakan ketidakseimbangan ekosistem yang terdapat di bumi disebabkan karenya adanya proses peningkatan suhu di atas rata-rata, baik suhu rata-rata di atmosfer, daratan, maupun lautan di bumi. 

Pemanasan global merupakan salah satu isu yang dihadapi didunia ini yang membahas mengenai lingkungan. Jelang hari bumi tahun 2022 di sosial media marak membahas mengenai pemanasan global yang diakibatkan penggunaan AC atau Air Conditioner. AC adalah alat pendingin ruangan yang banyak digunakan oleh manusia untuk kebutuhannya. Namun, apakah penggunaan AC dapat meningkatkan Pemanasan global? Apa penyebab AC menjadi penyebab bagi pemanasan global?

  1. AC memiliki gas CFP

Gas CFC (Chlorofluorocarbon) merupakan salah satu gas yang dimiliki oleh rumah kaca, gas tersebut dapat merusak lapisan ozon yang terdapat dibumi. Lapisan ozon yang berfungsi untuk melindungi bumi dapat rusak karena gas CFP dan menyebabkan peningkatan suhu di bumi. AC menggunakan gas CFC untuk mendinginkan udara kemudian dilepaskan ke astmosfer bumi. Dikarenakan memiliki bentuk yang stabil, gas CFC yang dilepaskan oleh AC dapat menaikkan ke lapisan stratosfer. 

American Chemical Society melaporkan bahwa, ozon memiliki fungsi untuk menyerap sebagian besar radiasi ultraviolet matahari dan dapat mencegah radiasi bahaya yang dapat mencapai ke permukaan bumi. Hakikatnya, lapisan ozon ini dapat melindungi kehidupan yang terdapat di bumi dari radiasi matahari yang berbahaya. 

  1. Ozon yang rusak dapat meningkatkan suhu di muka bumi

National Geographic melaporkan bahwa, satu atom klorin dapat menghancurkan lebih dari 100.000 molekul ozon. Dari reaksi tersebut, klorin dapat merusak lapisan ozon yang melindungi bumi. 

Ozon yang rusak dan tidak bisa menyerap radiasi dari sinar matahari mengakibatkan radiasi yang seharusnya diserap ozon, jatuh ke bumi dan menaikkan suhu permukaan bumi. 

Jadi, semakin banyaknya penggunakaan AC maka akan semakin banyak CFC yang akan dilepaskan ke udara. Sehingga, dapat merusak lapisan ozon dan semakin meningkatnya juga pemanasan yang terdapat di muka bumi. Alangkah baiknya, kita semua segera meminimalisir penggunaan AC. Gunakan AC disaat kita butuh saja, jika sudah selesai digunakan segera mematikannya. Agar, lapisan ozon dan peningkatan pemanasan di bumi tidak semakin memburuk.










×
Berita Terbaru Update