Notification

×

Iklan

Iklan

Majukan Pendidikan Indonesia, Lulusan SMK Dapat Kesempatan Sarjana di Jerman

Kamis, 23 Juni 2022 | Kamis, Juni 23, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-23T03:35:54Z


Serambiupdate.com Upaya pemerintah Indonesia untuk mencapai perubahan sumber daya manusia terus dilakukan berkelanjutan. Salah satunya berdampak positif dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin.

Ardi Marwan selaku Kedutaan Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin menjelaskan bahwa mulai tahun 2022 peserta didik dari SMK di Indonesia memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan jenjang sarjana atau S-1 di berbagai universitas di Jerman.


“Keputusan ini ditetapkan Pemerintah Jerman dalam The Standing Conference of the Ministers of Education and Cultural Affairs atau KMK yang diberikan langsung kepada KBRI Berlin,” tutur Ardi.


Diakuinya ijazah SMK dari Indonesia dapat dilihat dari situs resmi Anabin, yaitu anabin.kmk.org.


Basis data tersebut menunjukkan daftar informasi di seluruh institusi serta jenjang pendidikan yang sudah dievaluasi di Jerman oleh Central Office for Foreign Education (Zentralstelle für ausländisches Bildungswesen/ ZAB/ Kantor Pusat Pendidikan Asing).


Calon peserta didik dapat mencari berbagai informasi terkait kualifikasi akademik yang dimilikinya dengan yang diakui di Jerman melalui basis data Anabin.


Jika ijazah SMK sudah diakui oleh pemerintah Jerman, diperkirakan mahasiswa Indonesia yang belajar di Jerman akan mengalami peningkatan yang pesat di tahun mendatang. Bahkan saat ini Indonesia telah menghasilkan sekitar 1,5 juta lulusan SMK disetiap tahunnya.

DYL

×
Berita Terbaru Update