Notification

×

Iklan

Iklan

LTMPT Telusuri Peserta yang Sebar Soal UTBK-SBMPTN 2022

Sabtu, 25 Juni 2022 | Sabtu, Juni 25, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-25T07:50:18Z


Serambiupdate.com
Foto-foto soal Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 tersebar di media sosial. Foto tersebut diduga disebarluaskan oleh oknum peserta UTBK-SBMPTN.

 
Nizam selaku Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek, menuturkan bahwa Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah menyelidiki kasus tersebut. Ia menyebutkan bahwa LTMPT sedang proses mencari oknum peserta yang menyebarluaskan soal. 
 
"Telah ditindaklanjuti oleh LTMPT. Benar (diselidiki oknum peserta)," ujarnya.


Sebelumnya, Mochamad Ashari selaku Ketua LTMPT, mengungkapkan bahwa foto soal UTBK-SBMPTN 2022 itu tersebar diduga sebagai cara oknum peserta melakukan kecurangan.

 

"Diduga sebagai upaya sejumlah oknum peserta UTBK dengan tujuan berbuat curang," ungkap Ashari dalam keterangan tertulis. 
 
Ia menambahkan, pihaknya juga meyakinkan upaya itu tidak berpengaruh bagi keakuratan penilaian hasil UTBK. Ia juga menjelaskan tidak terjadi kebocoran soal ketika UTBK.
 
"Tidak terjadi kebocoran soal sama sekali," imbuhnya.
 
Sebelumnya, media sosial tengah ramai dengan keluhan peserta UTBK-SBMPTN 2022 karena soal tes untuk masuk perguruan tinggi negeri itu bocor. Soal-soal itu tersebar melalui foto yang disimpan di Google Drive.  
 
"Ptn! I'm literally crying rn, bener-bener lengkap banget, gue udah belajar siang malem sampe sakit terus ada yang kaya gini," dikutip dari akun Twitter @sbmptnfess. 
 
Pengirim melampirkan foto yang menunjukkan dokumen berupa foto-foto soal UTBK-SBMPTN juga.


(ADP)

×
Berita Terbaru Update