Notification

×

Iklan

Iklan

HUT Jakarta; FK Uhamka Edukasi Resiko Hipertensi Mayarakat Pulau Pari

Sabtu, 25 Juni 2022 | Sabtu, Juni 25, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-25T12:42:57Z


Serambiupdate.com Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) bersama Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka mengadakan edukasi dalam rangka promosi kesehatan untuk meningkatkan kewaspadaan komplikasi hipertensi di Pulau Pari Kepulauan Seribu Jakarta di hari ulang tahun kota Jakarta ke-495 sebagai kota Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi. (22-23/6).

 

Dalam kegiatan ini, turut hadir Dr. Gufron Amirullah selaku Ketua LPPM Uhamka bersama Tim Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat FK Uhamka yang diketua oleh dr. Bety Semara Lakhsmi dan dr. Endin Nokik Stujanna selaku  FK Uhamka dan Amalia mahasiswa FK uhamka.

 

dr Bety Semara Lakshmi dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat Pulau Pari bahwa risiko hipertensi ditemukan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia, dan apabila tidak dikelola dengan benar maka derajat hipertensi akan semakin berat dan proses terjadinya komplikasi dalam organ tubuh akan terus meningkat.

 

“Kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat Pulau Pari untuk meningkatkan kewaspadaannya dan aware terhadap risiko hipertensi, karena semakin bertambahnya usia, maka risiko hipertensi pun semakin berkembang,” ujar dr Bety Semara Lakshmi.

 

Di lain hal, dr. Endin Nokik Stujanna menyebutkan beberapa cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk meminimalisir risiko hipertensi, seperti pola hidup sehat yang teratur hingga mengelola stress.

 

“Faktor risiko hipertensi yang dapat dimodifikasi adalah dengan melakukan perilaku hidup sehat dengan olahraga teratur, diet gizi seimbang, tidak merokok, menjaga berat badan ideal, dan mengelola stress. Bagi yang sudah menderita hipertensi diharuskan memeriksa tekanan darah secara teratur baik secara mandiri atau di klinik/Puskesmas,” tutur dr. Endin Nokik.

×
Berita Terbaru Update