Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen Farmasi Uhamka Lakukan Pelatihan Pembuatan Nugget dan Edukasi Pemilihan Olahan Daging

Jumat, 10 Juni 2022 | Jumat, Juni 10, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-10T08:36:08Z


Serambiupdate.com -
Dosen Farmasi Universitas Muhamamdiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) dan Pusat Kajian Halal Uhamka (PKHU) bersama Lembaga Pengabdia dan Pemberdayaan Masyarakat telah melakukan pengabdian masyarkat yaitu dengan Pelatihan Pembuatan Nugget dan Edukasi Pemilihan Olahan Daging (Bakso, Nugget dan Sosis) pada orang tua siswa SDN Malaka Sari 05. Kegiatan ini berlangsung di kediaman orang tua murid di Jalan Teratai Putih 1 Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Kamis (9/6).


Edukasi Halal merupakan langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat untuk memilih makanan yang sudah halal. Olahan daging (bakso, nugget dan sosis) merupakan salah satu makanan yang penyajiannya cepat, gampang dan memiliki rasa yang enak, karena rasa dan penyajiannya membuat makanan ini menjadi primadona bagi orang tua bila anaknya kurang nafsu makan dan ingin membawa bekal ke sekolah.


Tingginya peminat, membuat olahan daging gampang ditemukan, akan tetapi masyarakat harus memperhatikan gizi dan kehalalan produk tersebut. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 168: “Hai manusia, makanlah segala sesuatu yang ada di bumi ini yang halal dan baik dan jangan kamu mengikuti jejak syaitan karena sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu”.


Nurul Azmah Nikmatullah selaku ketua pengmas sekaligus anggota PKHU menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat dapat memahami olahan yang sehat, menarik  dan halal.


"Saya merasa bahwa edukasi halal sangatlah penting untuk masyarakat, sehingga melalui pengabdian ini kami memberikan edukasi dan pelatihan pembuatan nugget agar orang tua dapat membuat nugget sendiri dengan bahan yang bergizi dan halal,"tutur Nurul.

×
Berita Terbaru Update