Notification

×

Iklan

Iklan

Belanja Online dan Bisnis Lokal

Jumat, 17 Juni 2022 | Jumat, Juni 17, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-17T02:24:00Z

  



Oleh : Cantika Aprilianti 

Mahasiswa FEB Uhamka 


Bisnis online kini semakin ramah terdengan di dunia, jual beli ini memiliki kontribusi yang cukup berpengaruh pada perekonomian Indonesia sebagai sektor perekonomian baru. Bisnis online Indonesia meberikan dampak luar biasa terhadap pola piker masyarakat yang masih tradisional. Dalam hal ini, Indonesia sebagai Negara berkembang yang berusaha untuk mengembangkan perekonomiannya, tentunya sanggat membutuhkan sektor baru yang membantu untuk merangsang pertumbuhannya. Dan bisnis ini merupakamn slah satu sektor yang dirasa mampu untuk melakukan pertumbuhan bagi perekonomian Indonesia tersebut. 


Perkembangan bisnis yang mengandalkan jaringan internet ini kini cukup pesat dan memberikan dampak positif bagi bisnis yang baru. Karna dalam bisnis ini tidak memeerlukan biaya besar, serta tempat fisik untuk membiat usaha. Sehingga dengan modela terbatas pun, seorang pebisnis dapat tetap memulai usahanya. Tidak perlu repot untuk pergi kekantor, krna kita bisa melakukan bisnis ini di mana pundengan menggunakan komputeryang terhubung ke internet. Dengan kemudehan tersebut, secara tak langsung, memberikan oengaruh terhadap perekonomian Indonesia lewat terbukanya beragam peluang usaha yang dapat di lakukan oleh pebisnis lokal sekalipun.


Tak dapat di pungkiri, bisnis ini memiliki  beberapa keunggulan, baik dari sisi lokal, maupun perekonomian Indonesia. Dari segi waktu, biaya, dan tenaga, bisnis ini seakan memanjakan penggunanya dengan banyak keunggualan. Dan tentunya hal ini akan memberikan pengaruh yang cukup sihnifikan terhadap bisnis, terutama untuk pengusaha lokal. Dapat dilihat, kini pengusaha barang jadi tak hanya memiliki took offline, tapi dengan andanya sistem online, mereka mulai untuk melebarkan sistem penjualannya.


Hal ini tentunya memberikan dampak positif bagi pengusaha lokal. Mereka tak perlu menyediakan model yang besar untuk keperluanpebgadaan toko. Dengan adanya bisnis online, seorang pengusaha dapat memulai usaha dengan websaite atau social media yang bisa di daftarkan secara gratis. Jangkauan online yang tak terbatas dan jam berja yang lebih fleksibel, menjadikannya sebagai efek positif, diaman pengusaha mampu menjangkau pasar yang sangat luas jika di bandingkan dengan toko offline. Tentunya, hal ini akan berdampak pada peningkatan pendapatan.


Efek positif dari armainya sistem perdagangan akan berimbas pada perekonomian Indonesia berupa pandapatan negera yang semakin berkembang karna adnaya pajak yang di berlakukan untuk bisnis tersebut. Pendapata Negara pun dari tahun ke tahun semakin meningkat karena sudah mulai banyak usahawan yang memasarkan produknya lewat online. Dengan adanya bisnis online ini juga dapat menyarap tenaga kerja serta mengurangu nngangguaran yang ada di Indonesia.


×
Berita Terbaru Update