Notification

×

Iklan

Iklan

Belajar Monotasking Agar Lebih Fokus dan Produktif

Minggu, 15 Mei 2022 | Minggu, Mei 15, 2022 WIB | Last Updated 2022-05-15T03:08:00Z

 


 

Oleh : Ziyhan Annisfa

Mahasiswa Uhamka




Dalam keseharian dengan menjalani rutinitas yang padat seringkali dalam beraktivitas kita dikondisikan dalam beberapa kegiatan dalam satu waktu. Keadaan seperti itu yang membuat kita harus atau sering melakukan multitasking. Dalam keseharian, kita tanpa sadar kita sering melakukan multitasking. Multitasking adalah melakukan dua atau lebih pekerjaan dalam satu waktu. Seperti, mengerjakan pekerjaan kantor dan membuka email, mengerjakan tugas presentasi dan menelpon teman, atau dalam hal yang ringan seperti ketika berbicara dengan teman tetapi dibarengi dengan melihat ponsel atau media sosial. Hal - hal yang seperti itu sering kita lakukan bahkan sampai kita sudah terbiasa akan hal itu. Banyak orang yang berasumsi bahwa dengan melakukan multitasking, pekerjaan yang sedang dikerjakan akan dapat selesai lebih cepat. Namun, pada kenyataannya ternyata melakukan multitasking pada aktivitas kita tidak dapat selalu membantu kita untuk menyelesaikan pekerjaan kita dengan baik dan cepat. Bahkan multitasking dapat menurunkan produktivitas kita perlahan-lahan. Karena ketika kita melakukan multitasking, sebenarnya kita telah memindahkan fokus kita dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Dan ketika kita memindahkan fokus kita kepada pekerjaan yang lain, proses itu akan lebih banyak memakan waktu dibandingkan jika kita hanya fokus pada satu pekerjaan saja. Lalu dengan melakukan banyak pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan, fokus kita akan terpecah belah sehingga kita kurang fokus dalam mengerjakan pekerjaan tersebut, dan biasanya karena waktu yang terbatas, berujung dengan pekerjaan kita yang dikerjakan seadanya. Sehingga pada akhirnya pekerjaan yang kita lakukan menjadi kurang maksimal. 

Untuk menghindari itu agar kita bisa tetap tenang, fokus, maksimal dalam melakukan pekerjaan, dan menjalani rutinitas keseharian dengan produktif, kita bisa melakukannya dengan monotasking atau melakukannya satu persatu. Monotasking adalah tindakan yang hanya melakukan satu pekerjaan atau satu aktivitas saja dengan perhatian penuh dalam satu waktu. Tujuannya agar kita bisa melakukan suatu pekerjaan dengan maksimal dan efektif. Melakukan monotasking dalam aktivitas kita dapat membantu kita dalam banyak hal. Seperti menambah konsentrasi kita dalam mengerjakan sesuatu, melatih disiplin untuk diri kita sendiri agar kita dapat tahan terhadap gangguan, memaksimalkan pekerjaan yang kita lakukan dengan waktu yang kita punya, dan masih banyak lagi. Monotasking juga dapat membantu kita menghemat waktu. Karena dengan hanya fokus pada satu pekerjaan saja bisa membuat kita lebih detail dan teliti sehingga pekerjaan dapat lebih cepat selesai. Terlebih lagi juga dapat menghindari kita dari kesalahan. Sehingga hasil yang kita dapatkan akan maksimal. 

Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk melatih monotasking kita agar kita bisa lebih menikmati dalam melakukan suatu pekerjaan atau aktivitas adalah dengan memetakan pekerjaan atau tugas kita dan mengalokasikan waktunya dengan jelas, dengan begitu kita dapat mengetahui apa saja kegiatan kita dalam sehari dan berapa lama waktu yang kita butuhkan. Dan pastikan kita disiplin dalam mengerjakannya dan mengerjakannya secara satu per satu. Lalu kita juga bisa mengurangi gangguan gangguan yang dapat mengalihkan konsentrasi kita. Seperti melihat handphone atau membuka sosial media. Selanjutnya, kita bisa menciptakan waktu istirahat kita yang berkualitas. Seperti tidur tepat waktu, mengambil jeda beberapa menit untuk beristirahat, atau makan dengan baik dan benar. Tanpa melihat ponsel, berbicara, atau melakukan kegiatan yang lain. Dengan begitu konsentrasi kita akan tetap terjaga dan kita bisa lebih maksimal dalam melakukan pekerjaan, dan membuat kita lebih produktif lagi dalam keseharian.  


×
Berita Terbaru Update