Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati Hari Kesehatan Internasional, WHO Gemborkan Perbaikan Kualitas Udara

11 April 2022 | Senin, April 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-04-11T01:20:35Z


Serambiupdate.com
- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggaungkan peningkatan kualitas udara untuk mendukung reboisasi dan pertanian berkelanjutan, serta memperkuat sistem pangan sehubungan dengan peringatan Hari Kesehatan Internasional  hari ini.


Direktur WHO Kawasan Asia Tenggara, Poonam Khetrapal Singh ini merupakan satu dari lima langkah prioritas untuk menyelamatkan bumi dan kesehatan manusia.


Dengan motto “Our Planet, Our Health”, WHO menyerukan lima langkah prioritas pada Hari Kesehatan Internasional.

 

Pertama, melindungi dan memelihara sumber daya kesehatan manusia dan alam. Meningkatkan kualitas udara, mendukung reboisasi dan pertanian berkelanjutan, dan memperkuat sistem pangan.

 

Kedua, meningkatkan layanan penting di fasilitas medis, mulai dari air dan sanitasi hingga energi bersih. Sesuai dengan Deklarasi Male 2017, membangun fasilitas medis yang tangguh dan lingkungan yang mendorong praktik yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

 

Ketiga, memastikan transformasi energi yang cepat dan sehat. Negara-negara di kawasan ini telah membuat kemajuan yang patut dipuji menuju energi terbarukan, tetapi lebih banyak tindakan diperlukan, ditambah dengan penegakan standar kualitas udara yang ketat.

 

Keempat, mempromosikan sistem pangan yang sehat dan berkelanjutan. Penyakit yang disebabkan oleh kurangnya akses dan konsumsi makanan dan minuman merupakan penyebab utama penyakit tidak menular.

 

Kelima, kita akan membangun kota yang berkelanjutan, sehat dan layak huni dengan ruang hijau dan sehat untuk mendorong aktivitas fisik dan mengurangi emisi gas rumah kaca dan kecelakaan di jalan.


“Kita berada pada sebuah momen penting. Keputusan dan tindakan yang diambil saat ini bisa memperkeruh kerusakan pada sistem ekologi yang menyokong kesehatan dan kehidupan manusia, atau bisa mempromosikan dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan lebih hijau," pungkasnya.


(ADP)

=