Notification

×

Iklan

Iklan

Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

06 Januari 2022 | Kamis, Januari 06, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-06T09:49:52Z


Diya Putri Anandri

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Pendidikan yang kita kenal sekarang telah menjadi kebutuhan dasar setiap manusia karena pendidikan menjadi kunci kemajuan dan keberhasilan sebuah bangsa. Dengan pendidikan yang berkualitas maka kita akan mempunyai kesempatan untuk sejajar dengan bangsa-bangsa besar lainnya. Namun pada kenyataanya kualitas pendidikan di Negara ini tidak sebagus negara lain.


Lembaga pendidikan telah mengupayakan berbagai cara untuk dapat menciptakan lulusan-lulusan yang berkualitas untuk mengantisipasi perubahan dan tantangan yang sudah semakin sulit. Tetapi perlu kita ingat bahwa sebuah keberhasilan tak akan lepas dari segala kondisi.


Nah, untuk dapat mencapai keberhasilan meningkatnya mutu pendidikan maka perlu dilakukan beragam upaya dengan sungguh-sungguh untuk mencari solusi dari persoalan yang akan dihadapi.


Usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan menjadi sangat penting karena sebagai cara untuk menghadapi tantangan Globalisasi, Kemajuan, IPTEK, dan pergerakan tenaga ahli yang sangat masif.


Lembaga pendidikan sekarang dituntut untuk dapat melahirkan lulusan yang berkualitas karena persaingan antar bangsa yang tengah berlangsung sangat intensif dan sengit. Para lulusan juga diharapkan memiliki keahlian dan kompetensi profesional sehingga dapat menghadapi kompetisi global yang terjadi.


Pada era teknologi sekarang ini, guru tidak hanya menjadi satu satunya sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Namun peran guru sudah berubah menjadi motivator, fasilitator, dan dinamisator. Selain guru, siswa bisa mencari dan mendapatkan sumber materi dari berbagai media seperti internet.


Akan tetapi, dalam keadaan seperti ini guru diharapkan dapat memberikan peran lebih besar karena paada dasarnya peran guru sebagai pendidik tidak bisa digantikan oleh siapapun. Untuk mencapai tujuan dan peran tersebut maka perlu dilakukan peningkatan kualitas mengajar dan usaha yang jelas. Menciptakan usaha yang bisa meningkatkan kualitas pendidik merupakan sebuah tantangan terbesar untuk pemerintah.

=