Notification

×

Iklan

Iklan

Tips bangun pagi tanpa ke tiduran lagi

Sabtu, 15 Januari 2022 | Sabtu, Januari 15, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-15T08:44:57Z


Karya Fabyan Ottmar Zaidan

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Fikes UHAMKA


Begadang adalah salah satu alasan yang membuat banyak orang kesulitan untuk bangun pagi. Hasilnya, tak jarang aktivitas dan rencana yang telah dibuat pun menjadi kacau karena bangun kesiangan. Cara bangun pagi walau begadang sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Kuncinya, Anda harus mengubah semua kebiasaan buruk sebelum dan sesudah bangun tidur.

Ada banyak ada faktor yang mempengaruhi seseorang untuk bangun pagi yaitu adalah bergadang, ada beberapa tips agar bangun pagi tanpa ketiduran lagi. Agar terhindar dari kesiangan, beberapa kebiasaan buruk setelah bangun tidur perlu Anda ubah. Selain itu, kondisi di kamar tidur, seperti ruangan yang terlalu gelap meningkatkan risiko bangun siang. 

Banyak di antara kita mampu bangun di pagi hari seandainya kita memberikan diri kesempatan untuk tidur lebih lama di malam hari. Memperoleh tidur yang mencukupi kebutuhan tubuh Anda memberikan Anda energi, kesehatan dan motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan di pagi hari dan sepanjang hari. Berikut adalah tips agar tidak begadang yang mengakibatkan kesiangan, susah bangunpagi atau sudah bangun tapi ketiduran lagi

·       Jangan main handphone saat mau tidur, terkadang kita kesiangan karena ke asikan main handphone saat mau tidur, hal ini mengakibatkan begadang, mulai sekarang kalian bisa rubah saat mau tidur yaitu dengan membaca buku, membaca buku juga bisa menambah ilmu buat para membaca nya.

·       Persiapkan diri untuk tidur dan bangun. Selain kiat lain yang telah diberikan, seperti menghindari perangkat elektronik dengan layar sebelum tidur, menetapkan kebiasaan teratur untuk jam tidur sangatlah penting dalam transisi Anda menjadi orang yang mudah bangun pagi.

  • Pastikan Anda tidak terlalu lapar atau terlalu kenyang saat menuju tidur. Kedua keadaan tersebut akan membuat Anda sulit terlelap.
  • Lakukan persiapan untuk pagi hari pada malam sebelumnya. Kemas barang-barang untuk tas kerja atau sekolah Anda. Jejerkan pakaian untuk Anda kenakan besok. Persiapkan bahan-bahan untuk memasak sarapan. Bebaskan lebih banyak waktu tambahan yang Anda peroleh di pagi hari.

·       Pasang  alarm sejam satu jam sebelum beraktifitas agar kita bisa mempersiapkan diri dulu untuk beraktifitas, karna banyak orang yang susah untuk bangung tidur langsung saat pagi hari.

·       Temukan sesuatu yang memaksa Anda meninggalkan (dan tidak kembali ke) kasur.

·       Tidak ada ruginya Anda sekaligus mengucurkan keringat sebelum mandi pagi, dan Anda bahkan bisa memulai hari dengan berolahraga.

 

Tubuh memiliki jam internalnya sendiri. Ketika Anda tidur cepat dan bangun pagi pada waktu yang sama setiap hari, sekali pun di akhir pekan, tubuh akan bangun secara alami pada waktu yang sama setiap paginya.Jika tidur larut malam dan bangun terlambat sesekali, tubuh Anda akan lebih sulit untuk kembali menyesuaikan diri.

Menjelang tidur, orang cenderung masih terbawa-bawa pikiran mereka, seperti kekhawatiran tentang tugas-tugas, pekerjaan, maupun masalah sosial atau keluarga, dan sebagainya.
Kebiasaan membawa masalah sampai ke tempat tidur ternyata dapat berdampak negatif bagi tubuh yang sudah lelah.Jika sudah beranjak ke tempat tidur, hendaknya Anda buang semua pikiran yang menggantung. Lalu berjanjilah pada diri sendiri untuk menyelesaikannya esok hari dan segera tidur.
Tidur 6-9 jam penuh setiap malam dan bangun lebih pagi dapat membuat pikiran dan tubuh lebih segar dan positif.

×
Berita Terbaru Update