Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Keterampilan Bercerita, Dosen PBSI FKIP Uhamka Gelar Pelatihan untuk Guru

Kamis, 13 Januari 2022 | Kamis, Januari 13, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-14T04:27:28Z


Serambiupdate.com
- Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  (Uhamka) adakan pelatihan untuk Guru RA Tunas Muslim As-Siddiq Bekasi dengan tema (Keterampilan Bercerita Menggunakan Media Satu Gambar) secara luring pada tanggal 4-6 Januari.


Pelatihan Keterampilan Bercerita Menggunakan Media Satu Gambar yang diketuai oleh Achmad Abimubarok ditujukan untuk meningkatkan keterampilan bercerita para guru agar lebih mudah dalam menanamkan nilai karakter dan melatih siswa dalam menyimak serta empati. 


Pertemuan pertama, guru diberikan materi seputar keterampilan bercerita. Kemudian pertemuan kedua, guru diberi pelatihan mengolah nafas, suara, dan gerak. Dan terakhir pada pertemuan ketiga, guru melaksanakan praktik bercerita yang dipandu oleh  Abdul Rahman Jupri selaku Dosen PBSI Uhamka.


“Anak-anak itu memperhatikan dari segala aspek yang ada pada kita sebagai guru, dari wajah, telinga, mulut, bahkan gerakan” ujar Jupri.


Para guru merasa antusias mengikuti pelatihan tersebut, karena dengan adanya pelatihan ini guru menjadi paham bagaimana memahami siswa dalam proses belajar bercerita.


Nunung selaku guru RA Tunas Muslim As-Siddiq menyampaikan bahwa dalam pelatihan, para guru dilatih mengatur nafas dan olah vokal guna proses pembelajaran kepada siswa yang lebih baik. Agar nafas semakin kuat ketika bercerita dan juga vokal yang lebih jelas.


“Acaranya menarik, karena ada olah nafas dan vokal membuat kita semakin bisa mengontrol nafas ketika mengajar” ujar Nunung.


Rosidah sebagai Kepala Sekolah RA Tunas Muslim As-Siddiq berpesan bahwa, pelatihan keterampilan bercerita guru jangan sampai berhenti disini, ia berpesan ada pelatihan kedua dan pemberian edukasi kepada guru terkait keterampilan mengajar, agar guru RA Tunas Muslim As-Siddiq semakin berkompeten.


(ADP)

×
Berita Terbaru Update