Notification

×

Iklan

Iklan

Tim PKM FAI Uhamka Berikan Pelatihan Media Digital untuk Pembelajaran Huruf Hijaiyah

Rabu, 19 Januari 2022 | Rabu, Januari 19, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-19T12:15:17Z

Serambiupdate.com
 Bersama Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan (LPPM) Uhamka, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) membuat pengabdian lewat pelatihan Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk Memahami Makhorijul Huruf menggunakan Aplikasi Marbel Hijaiyah. Acara ini menyertakan peserta dari SDS Muhammadiyah 4 Jakarta. Jakarta, Jum’at, (14/1).

Kegiatan ini dikepalai oleh Dr. Totong Heri, M.Pd, dosen FAI Uhamka selaku ketua dan narasumber, Dr. Purwidianto, M.A, dosen FAI Uhamka selaku narasumber, Fathiyyah Adilah dan Shofi Yulianti, mahasiswi FAI Uhamka selaku fasilitator pelatihan. Hadir pula para peserta pelatihan yang terdiri dari guru dan peserta didik SDS Muhammadiyah 4 Jakarta.

Kepala sekolah SDS Muhammadiyah 4 Jakarta, Devi  Anggreani, S.Pd yang diwakilkan oleh jajarannya, mengungkapkan bahwa pihak sekolah sangat berterima kasih kepaa panitia FAI Uhamka yang telah menyelenggarakan pelatihan ini. Mudah-mudahan dengan pelatihan ini bisa meningkatkan kemampuan dalam mengenali hijaiyah, juga bisa meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode dalam pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah.

“Kami harap dengan kegiatan ini pembacaan huruf hijaiyah khususnya makhorijul hurufnya, selain itu bisa memperluas pegetahuan guru dalam metode pembelajaran di kelas. Jadi jangan sungkan untuk mencatat dan bertanya,” ucapnya.

Dr. Totong Heri, M.Pd, mengungkapkan bahwa Pengabdian kepada Mayarakat (PKM) ini adalah bentuk wujud komitmen Uhamka dalam pendidikan untuk bisa berbagi ilmu dengan masyarakat.

“Semoga para peserta didik bisa menjadi generasi yang menagamlkan ilmu Al-Quran, semoga Allah SWT selalu memberikan rahmatnya kepada kita semua. Kepada peserta mari kita ikuti pelatihan ini dengan semangat, tulus, dan ikhlas,” ucapnya.

Marbel Hijaiyah sendiri merupakan aplikasi keluaran educa studio yang berbasis android yang bisa diaplikasikan sebagai sarana pembelajaran yang asyik untuk peserta didik. Aplikasi ini fleksibel karena dapat diakses tanpa bantuan internet.

Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Dari awal pelatihan hingga pelaksanaan praktek yang dibantu oleh fasilitator, peserta yang rata-rata terdiri anak kecil begitu semangat dalam mempraktekkan aplikasi maupun interaktif selama pembahasan materi.

(DYL)

×
Berita Terbaru Update